Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

POSISI DEVISA NETO: Relaksasi Aturan BI Permudah Kelola Devisa Harian

Sekelompok bankir memprediksikan relaksasi peraturan Bank Indonesia terkait pengelolaan posisi devisa neto bakal mempermudah pengelolaan devisa harian.
Bank Indonesia/Ilustrasi-Bisnis
Bank Indonesia/Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA -- Sekelompok bankir memprediksikan relaksasi peraturan Bank Indonesia terkait pengelolaan posisi devisa neto bakal mempermudah pengelolaan devisa harian.

Adapun perubahan atas PBI No.5/13/PBI/2003 adalah tentang penghapusan kewajiban bank untuk menjaga Posisi Devisa Neto (PDN) setiap 30 menit. Atas perubahan tersebut, maka rasio PDN ditetapkan hanya setiap akhir hari.

Sekretaris Jenderal Indonesia Foreign Exchange Market Committee (IFEMC) A. Bimo Notowidigdo mengatakan penghapusan kewajiban memelihara PDN maksimal 20% setiap 30 menit bakal semakin mempermudah industri perbankan untuk mengelola posisi transaksi forex.

Presiden Direktur PT Bank OCBC NISP Tbk Surjaudaja mengungkapkan perubahan aturan yang dilakukan Bank Indonesia terhadap posisi devisa neto tidak bakal mempengaruhi aktivitas perseroan, sebab limit PDN yang dimiliki telah mencapai 20% dari modal. Menurutnya, posisi tersebut tergolong cukup untuk memenuhi kebutuhan nasabah, terlepas dari ada atau tidak batas ada batasan intraday PDN yang dimonitor setiap 30 menit.

"Perubahan peraturan PDN tidak berpengaruh terhadap aktivitas kami," ungkap Parwati, Selasa (2/6/2015).

BI menyatakan dengan dihapuskannya pengelolaan PDN tiap 30 menit, maka bank diharapkan memiliki fleksibilitas dalam mengelola risiko nilai tukar dan tetap berhati-hati serta menerapkan manajemen risiko. Namun, kewajiban memelihara rasio PDN pada akhir hari tetap berlaku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper