Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BANK MANDIRI (BMRI) Targetkan Anak Perusahaan Sumbang Laba Bersih 12%

Bank Mandiri (Persero) Tbk. membidik anak perusahaanya mampu menyumbang pendapatan mencapai 12% ke laba bersih konsolidasi perseroan pada tahun ini.
Pahala N. Masyuri. /antara
Pahala N. Masyuri. /antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menargetkan anak perusahaannya mampu menyumbang pendapatan 12% terhadap laba bersih konsolidasi perseroan pada tahun ini.

Direktur Treasury & Market Bank Mandiri Pahala N. Mansury mengatakan hingga kuartal pertama tahun ini, AXA Mandiri Financial Services menjadi anak usaha yang menyumbang pendapatan terbesar bagi perseroan.

“Kami lihat anak perusahaan kami bisa berkontribusi di kisaran 11%-12% terhadap laba bersih,” ujar Pahala di Jakarta.

Tahun ini, Bank Mandiri akan melakukan beberapa pengembangan anak perusahaan untuk mencapai target tersebut sekaligus menuju arah bisnis yang lebih terintegrasi, di antaranya diselesaikannya akusisi 80% saham perusahaan asuransi kesehatan yakni Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia.

Emiten berkode saham BMRI tersebut juga telah menyuntikkan modal ke Bank Sinar Harapan Bali dan bakal mengubah nama entitas tersebut menjadi Bank Mantap pada Juli 2015.

Ekspansi lainnya, perseroan juga akan meresmian perusahaan anak anyar pada Agustus 2015, yakni Mandiri Utama Finance dengan menyuntikkan modal senilai Rp100 miliar.

Dengan pengembangan anak perusahaan tersebut, BMRI berencana menjual produk secara linkage untuk meningkatkan pangsa pasar. Apalagi, segmen pasar BMRI itu beragam mulai dari pemberian kredit senilai Rp5 juta hingga Rp8 triliun.

“Harapannya, market share kami yang dulu independen, sekarang bisa meningkat karena kami linkage dengan anak usaha,” jelas Pahala.

Ekspansi pada anak perusahaan ini juga sejalan dengan strategi Bank Mandiri dalam 5 tahun ke depan. Menurut Pahala, bank dengan logo pita emas ini menargetkan diri menjadi the Best Bankdi Asean pada 2020.

Selain berfokus pada pertumbuhan anorganik, dalam tahap akhir menuju target tersebut yakni pada periode 2014-2020, Bank Mandiri akan melakukan transformasi bisnis dan pengembangan terintegrasi pada sumber daya manusia serta teknologi informasi.

Dari situs resmi Bank Mandiri, hingga kini perseroan telah memiliki 10 anak perusahaan yakni Bank Mandiri Europe Limited London (BMEL), Mandiri International Remittance (MIR), Bank Syariah Mandiri, Mandiri Sekuritas, Bank Sinar Harapan Bali, Mandiri Tunas Finance, AXA Mandiri Financial Services, Mandiri Investasi, Mandiri AXA General Insurance, dan Asuransi Jiwa InHealth Indonesia.

Hingga kuartal I/2015, laba perusahaan anak BMRI mencapai Rp607 miliar atau menyumbang 12% terhadap raihan laba Bank Mandiri senilai Rp5,3 triliun. Sepanjang 3 bulan pertama tahun ini, perolehan laba bersih BMRI tersebut tumbuh 4,3% dari posisi Rp4,9 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Pertumbuhan laba tipis tersebut disebabkan meningkatnya biaya dana hingga 32%, sedangkan pendapatan bunga tumbuh lebih rendah di posisi 19% secara year on year.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper