Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Permintaan CPO Meningkat, Bongkar Muat di Pelabuhan Gresik Naik Drastis

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III (Persero) melaporkan terjadinya kenaikan jumlah bongkar muat komoditas minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Pelabuhan Gresik, Jawa Timur.
Pabrik pengolahan kelapa sawit/Ilustrasi-Bisnis
Pabrik pengolahan kelapa sawit/Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III (Persero) melaporkan terjadinya kenaikan jumlah bongkar muat komoditas minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Pelabuhan Gresik, Jawa Timur.

Kenaikan terjadi pada jumlah kunjungan kapal yang mengangkut komoditas curah cair. Pada April 2016 tercatat ada 15 unit kapal yang sandar atau setara dengan muatan sebesar 58.529 gross tonnage (GT).

Jumlah kunjungan kapal tersebut meningkat dibandingkan April tahun sebelumnya yang tercatat hanya ada 8 unit kapal yang sandar atau setara dengan muatan sebesar 41.166 GT.

Menurut Supervisor Bongkar Muat Non Curah Kering Pelindo III Gresik Imam Haromain kenaikan yang signifikan tersebut mayoritas terjadi pada kunjungan kapal CPO yang meningkat pesat.

“Semula kapal-kapal yang bermuatan CPO biasanya melakukan bongkar muat di dermaga 70. Namun karena banyaknya kapal CPO yang datang pada April, untuk mengurangi kepadatan, maka sebagian diarahkan bongkar muat di dermaga curah cair,” ungkapnya, Kamis (2/6/2016).

Haromain menjelaskan setiap kapal dengan rata-rata tonase mencapai 2.500 hingga 3.500 GT, dapat melakukan bongkar muat CPO minimal selama dua hari.

Ramainya permintaan CPO juga membuat arus barang bongkar muat curah cair di Pelabuhan Gresik meningkat. Berdasarkan data Pelindo III, pada April tahun ini mencapai 25.980 ton/liter atau meningkat dibandingkan pada April tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 14.468 ton/liter dan.

“Pertumbuhan signifikan untuk arus barang dalam satuan ton/liter dikarenakan permintaan CPO yang terus meningkat, apalagi menjelang bulan puasa Ramadan. Jadi pemasok mempersiapkan sejak jauh-jauh hari sebelumnya,” jelas Haromain.

Sementara itu, General Manager Pelindo III Gresik Onny Djayus, menjelaskan bahwa tren peningkatan komoditas CPO tersebut menjadi pertimbangan Pelindo III untuk berinvestasi membangun loading point CPO yang nantinya mendukung bongkar muat di dermaga curah cair dan dermaga 70. 

“Nantinya saat fasilitas loading point CPO sudah tersedia, Pelabuhan Gresik akan terlihat semakin bersih. Karena tumpahan minyak CPO saat proses bongkar muat dapat diminimalisir dengan efektif. Selain itu juga akan lebih teratur karena antrean truk saat kapal sandar akan lebih lancar. Sehingga proses bongkar muat menjadi lebih cepat,” jelas Onny Djayus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper