Program Amnesti Pajak Bukan Hanya untuk Pengusaha

Pemerintah mengharapkan image Amnesti Pajak tidak lagi hanya diperuntukkan bagi pelaku usaha, tetapi program yang digulirkan bagi seluruh masyarakat.
David Eka Issetiabudi | 20 Agustus 2016 01:27 WIB
Wajib pajak berkonsultasi dengan petugas saat melakukan pendaftaran peserta program pengampunan pajak (Amnesti Pajak atau Tax Amnesty) di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (29/7). - Antara

Bisnis.com, MANADO - Pemerintah mengharapkan citra amnesti pajak tidak lagi hanya diperuntukkan bagi pelaku usaha, tetapi program yang digulirkan bagi seluruh masyarakat.

Kepala Kantor Perwakilan Direktorat Jenderal Pajak Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara (Suluttenggomalut) Dionysius Lucas Hendrawan mengatakan bergulirnya program ini, tidak hanya untuk dunia usaha, tetapi seluruh masyarakat. Jumlah deklarasi kekayaan berapapun jumlahnya akan diterima, baik dari kalangan pelaku usaha kecil menengah hingga pengusaha besar.

"Amnesti Pajak seperti memberi masyarakat akte lahir untuk kekayaan yang selama ini belum dilaporkan. Selama ini sosialisasi Tax Amnesty terus dipadati masyarakat, ini membuktikan banyak yang ingin tahu," tuturnya dalam BRI Suluttenggomalut Business Gathering, Jumat (19/8/2016) malam.

Keputusan masyarakat untuk ikut Amnesti Pajak, diharapkan adanya kejujuran dari pelaporan kekayaan yang ada. "Kalau masih ada ragu ke kantor pajak, silahkan nasabah konsultasi dengan frontliner bank. Karena di Manado, frontliner sudah diberi pembekalan," tambahanya.

Tim Ekonomi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., Ahmad Rohyadi mengatakan kepentingan Amnesti Pajak, untuk memastikan tingginya likuiditas keuangan dalam negeri. Dengan begitu, dana masyarakat yang masuk dari luar negeri, mampu disertakan membangun negeri.

"Sekarang dana yang kita perlukan itu dana jangka panjang yang ada di dalam negeri, apalagi dengan situasi global yang masih naik-turun seperti sekarang," ujarnya.

Kepala Kanwil PT BRI Tbk., Suluttenggomalut Yoshua Palti Hutapea mengatakan dengan jaringan luas yang dimiliki perseroan, akan mempermudah nasabah untuk mengikuti Amnesti Pajak. "Beragam program kami lakukan, seperti mengeluarkan produk alternatif bagi nasabah,yang mengikuti repatriasi," katanya.

Tag : Tax Amnesty
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top