Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KEIN: Asumsi Pertumbuhan Ekonomi 5,3% di RAPBN 2017 Realistis

Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) menyatakan asumsi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diusulkan pemerintah pada RAPBN 2017 sebesar 5,3 persen merupakan angka yang realistis.
Pertumbuhan/Ilustrasi
Pertumbuhan/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) menyatakan asumsi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diusulkan pemerintah pada RAPBN 2017 sebesar 5,3% merupakan angka yang realistis.

"Target pertumbuhan ekonomi yang dipatok pemerintah sebesar 5,3 persen di tahun 2017 masih dalam kategori angka yang realistis dan moderat," kata Wakil Ketua KEIN Arif Budimanta melalui keterangan tertulis, Sabtu (20/8/2016).

Arif mengatakan target pertumbuhan ekonomi yang lebih optimis sebesar 5,5 persen pada 2017 masih bisa diupayakan lagi. Namun, dia mengkhawatirkan target pertumbuhan ekonomi 5,5% tersebut justru dianggap tidak realistis dan dapat menurunkan kepercayaan pasar mengingat kondisi perekonomian global saat ini yang masih belum memiliki kepastian dan ekspor sulit diharapkan.

Dalam kajian KEIN, ekonomi Indonesia baru bisa tumbuh 7% pada 2018. Menurut dia, untuk mewujudkan target pertumbuhan ekonomi 5,3%, industri pengolahan menjadi sektor prioritas yang harus dikembangkan. Dengan mengembangkan industri pengolahan, akan membuat barang ekspor memiliki nilai tambah.

Terkait dengan Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo yang menyebutkan penerimaan negara dari Amnesti Pajak membuat optimistis target ekonomi tercapai, Arif mengatakan KEIN telah membuat kajian besaran penerimaan negara. 

Arif menjelaskan nilai yang dapat diterima negara dari kebijakan Amnesti Pajak pada 2017 sebesar Rp1.495,9 triliun. Besaran nilai tersebut lebih rendah dari APBNP Tahun 2016 yang dibandingkan dengan realisasi tahun 2015 yakni Rp1.240,4 triliun. "Jadi secara umum masih cukup realistis," ujar Arif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper