Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukung Program Sosial, Citi Indonesia Hibahkan Dana US$850.000

Citibank N.A Indonesia melalui payung program sosialnya Citi Peka, yang didanai oleh Citi Foundation, menyerahkan dana hibah senilai US$850.000 kepada tiga organisasi nirlaba, yaitu UNESCO, Prestasi Junior Indonesia, dan Mercy Corps Indonesia.
Eksistensi Citi sebagai lembaga keuangan berskala global, tidak hanya ditunjukkan melalui penyediaan jasa dan produk perbankan bagi nasabah. /citi indonesia
Eksistensi Citi sebagai lembaga keuangan berskala global, tidak hanya ditunjukkan melalui penyediaan jasa dan produk perbankan bagi nasabah. /citi indonesia

Bisnis.com, JAKARTA—Citibank N.A Indonesia melalui payung program sosialnya Citi Peka, yang didanai oleh Citi Foundation, menyerahkan dana hibah senilai US$850.000 kepada tiga organisasi nirlaba, yaitu UNESCO, Prestasi Junior Indonesia, dan Mercy Corps Indonesia.

Nilai tersebut dimanfaatkan untuk mendukung implementasi program sosial kemasyarakatan periode 2016-2017 yang berfokus pada literasi keuangan, kesempatan ekonomi bagi generasi muda, serta pemberdayaan dan penghargaan terhadap pengusaha mikro dan institusi keuangan mikro.

Batara Sianturi, CEO Citi Indonesia, mengatakan eksistensi Citi sebagai lembaga keuangan berskala global, tidak hanya ditunjukkan melalui penyediaan jasa dan produk perbankan bagi nasabah.

Selama lebih dari 18 tahun, Citi Indonesia juga aktif berkontribusi meningkatkan pemahaman keuangan serta membantu memberikan kesempatan ekonomi yang lebih baik kepada masyarakat di Indonesia.

“Ini dilakukan melalui beragam program kemasyarakatan yang kami inisiasi,” ujarnya melalui keterangan resmi, Selasa (8/11/2016).

Country Head Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki mengatakan, hingga kini, dana hibah yang disalurkan Citi Peka telah mencapai USD 10 juta.

Penyaluran dana ini dilakukan secara berkala setiap tahun melalui program yang direncanakan secara matang dan terstruktur agar memberikan dampak optimal bagi penerima manfaat.

“Selama 18 tahun, kami telah bekerjasama dengan 56 lembaga mitra pelaksana serta menggerakkan 34 program kemasyarakatan di Indonesia,” katanya.

Vera mengatakan prinsip “Lebih dari Filantropi untuk Indonesia” yang diusung, tercermin dari beragam program yang dijalankan, di mana para penerima manfaat bukan hanya mendapat bantuan berupa dana, tetapi juga dibekali dengan kompetensi dan keahlian yang dapat mereka gunakan sebagai modal untuk mendorong kemajuan dan mendukung kesempatan ekonomi yang lebih baik.

Para karyawan Citi yang tergabung dalam Citi Volunteers juga terlibat secara langsung dengan cara meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran dalam hal membagikan ilmu, pengalaman, serta keahlian yang dimiliki melalui program kemasyarakatan yang dijalankan.

Bersinergi dengan UNESCO, Citi Peka akan memusatkan kegiatan penguatan generasi muda di lokasi dengan nilai warisan budaya yang tinggi, yaitu di lima titik di Indonesia (Danau Toba/Samosir – Sumatra Utara, Borobudur, Prambanan, Klaten, dan Yogyakarta).

Sementara itu, memperkenalkan sejak dini tentang konsep keuangan kepada anak-anak dan siswa SMA, Citi menggandeng Prestasi Junior Indonesia dalam menjalankan program “Agen Penny” dan “Student Company”.

Adapun dalam mendukung semangat kewirausahaan, Merci Corp melanjutkan program tahunan “Citi Microentrepreneurship Awards” serta program ‘FEED Mobile’ (Financial Education & Empowerment Goes Digital and Mobile) sebagai bentuk dukungan terhadap transformasi perkotaan.

“Digitalisasi merupakan tren yang menjadi bagian tak terpisahkan dari bisnis Citi, termasuk dalam program Citi Peka, yaitu dengan mengimplementasikan digital financial literacy dalam program kami,” ujar Vera.

Kusumaningtuti S. Soetiono, Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan mengatakan, melalui Citi Peka, Citi Indonesia menunjukkan keseriusannya menjadi sahabat keuangan bagi masyarakat.

Menyasar lintas generasi untuk program literasi keuangan serta menggelar kompetisi kewirausahaan mikro dinilai merupakan langkah yang tepat dilakukan untuk memperkuat masyarakat yang cerdas finansial, mandiri secara ekonomi, serta memupuk daya juang yang tinggi untuk kesejahteraan ekonomi yang lebih baik.

Di Indonesia, lanjutnya, pada era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), pertumbuhan jumlah wirausahawan masih menjadi tantangan yang harus dijawab dengan inisiatif dari berbagai pihak, termasuk pelaku industri keuangan.

“OJK berharap wujud tanggung jawab sosial Citi Indonesia ini akan memberikan dampak signifikan terhadap kemajuan perekonomian nasional,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ihda Fadila
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper