BNI Life Targetkan Dana Kelola Capai Rp18 Triliun

PT BNI Life menargetkan dapat mencapai dana kelola mencapai Rp18 triliun pada 2017
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 20 Februari 2017  |  17:04 WIB
BNI Life Targetkan Dana Kelola Capai Rp18 Triliun
BNI Life. - .

JAKARTA— PT BNI Life menargetkan dapat mencapai dana kelola mencapai Rp18 triliun pada 2017.

Geger N.  Maulana, Wakil Direktur PT BNI Life mengatakan total dana kelola tersebut dari porfolio  untuk produk unit-linked sekitar Rp7 triliun- Rp8 triliun, tradisional senilai Rp4 trliun-Rp 5 triliun, dan sisanya dari modal mandiri Rp5 triliun.

Dia menargetkan dapat melakukan return investasi di atas benchmarking, secara umum untuk investasi saham sebesar 3%-5% di atas indeks IHSG  dan untuk investasi bond sebesar Rp1%-2%  di atas IBPA.

“Sebagian besar instrumen investasi ditempatkan pada pada bond dan mutual fund bisa saham, campuran, atau money market,” kata Geger kepada Bisnis

Dia mengakui untuk imbal hasil investasi pasar saat ini  sedang turun, khususnya saham. Meski begitu, pihaknya optimistis posisi PT BNI Life  secara  keseluruhan hasil investasi masih sesuai target.

Guna mencapai target tersebut, Geger mengatakan strategi yang harus diterapkan dan tetap dijaga untuk menjaga imbal hasil, dari produk tradisional harus disesuaikan dengan asset liability, sedangkan untuk unit-linked harus disesuaikan dengan risk customer, dan alokasi modal harus sesuai dengan rencana bisnis yang sudah disepakati.

Dia menjelaskan alokasi investasi BNI Life masih didominasi oleh produk unit-linked. Pasalnya unit-linked  dapat memberikan alternatif pilihan untuk  berinvestasi dalam kondisi tren penurunan suku bunga perbankan di pasar uang.“Memang masyarakat ini masih memilih produk asuransi yang ada bagian investasinya  dibandingkan dengan proteksi seperti kesehatan, kematian, kecelakaan, dan perlindungan warisan”.

Dia mengatakan PT BNI Life telah mengkomposisikan rencana bisnis untuk unit-linked sebesar 55%-65%, sedangkan sisanya di produk tradisional. Dana kelola unit-linked BNI Life telah mencapai Rp4,3 triliun di 2016, atau naik 30%, dibandingkan dengan tahun sebelumnya sekitar Rp3,3 triliun. 

 Sepanjang 2016, BNI Life telah membukukan realisasi premi mencapai Rp4,75 triliun, atau tumbuh 46% dibandingkan dengan 2015, yaitu Rp3,25 triliun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
asuransi

Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup