PERTEMUAN G20: Program Compact with Africa, RI Dorong Keterlibatan Swasta dan BUMN

Indonesia mendukung komitmen negara – negara yang tergabung dalam G-20 untuk menguatkan kerja sama dengan negara-negara di Afrika melalui program ‘Compact with Africa’
Edi Suwiknyo | 20 Maret 2017 12:59 WIB
Pertemuan tingkat menteri keuangan G20. - .Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia mendukung komitmen negara – negara yang tergabung dalam G-20 untuk menguatkan kerja sama dengan negara-negara di Afrika melalui program ‘Compact with Africa’.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan, Indonesia siap mendorong keterlibatan lebih besar sektor swasta dan BUMN Indonesia untuk memanfaatkan hal itu sebagai kesempatan memperluas investasi di benua Afrika.

“Agenda tersebut bertujuan untuk meningkatkan investasi dari swasta, terutama pada sektor infrastruktur, melalui perbaikan kerangka kerja,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Nufransa Wira Saksi dalam keterangan resminya yang dikutip Bisnis, Senin (20/3/2017).

Menurutnya, keterlibatan Pemerintah Indonesia selama ini telah dilakukan melalui program kerja sama selatan-selatan dan triangular serta melalui lembaga keuangan internasional, termasuk peningkatan komitmen Indonesia di International Development Association (IDA)-Bank Dunia.

Untuk memperkuat agenda tersebut, Indonesia meminta agar G20 dapat menugaskan Global Infrastructure Hub (GIH) dan Global Infrastructure Connectivity Alliance (GICA) yang digagas oleh Indonesia dan sejumlah negara G20 untuk secara optimal berkontribusi dalam membantu mekanisme dan kesiapan pembiayaan infrastruktur di negara-negera benua Afrika.

Adapun dukungan tersebut disampaikan dalam pertemuan antara Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara-negara anggota G-20 pada 17 - 18 Maret 2017 di Baden-Baden, Jerman.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
g20

Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top