PENERAPAN BREXIT: Inggris Akan Umumkan Keputusan Resmi Rabu

Perdana Menteri Inggris Theresa May akan menyurati Uni Eropa pada 29 Maret nanti guna mengumumkan secara resmi penarikan diri Inggris dari blok tersebut.
Juli Etha Ramaida Manalu | 20 Maret 2017 19:25 WIB
Referendum Inggris menangkan Brexit. - .Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA— Perdana Menteri Inggris Theresa May akan melayangkan surat ke Uni Eropa pada 29 Maret 2017, guna mengumumkan secara resmi penarikan diri Inggris dari blok tersebut.

Hal ini, seperti diberitakan Reuters, Senin (20/3/2017), disampaikan oleh seorang sumber dari pihak Uni Eropa. Dia menambahkan bahwa pejabat Inggris telah menyampaikan terkait hal ini kepada pihak Uni Eropa.

Dengan dikirimkannya surat tersebut pada Rabu nanti, akan menjadi awal tenggat waktu dua tahun hingga Inggris benar-benar keluar dari Uni Eropa. Hal ini juga akan menjadi penanda dimulainya negosiasi antara Inggris dan Uni eropa dalam beberapa minggu mendatang.

Setelah Presiden Dewan Eropa Donald Tusk menerima surat dari May, akhir minggu depan dia harus membagikan draf terkait pedoman negosiasi kepada 27 anggota Uni Eropa lainnya. Tusk juga akan memanggil pemimpin dari ke 27 negara tersebut guna mengesahkan hasil akhir pedoman negosiasi tersebut yang kemungkinan akan dilakukan pada awal Mei.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
uni eropa, Brexit, Theresa May

Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top