Klaim Pengangguran AS Menurun

Jumlah warga AS yang mengajukan dana bantuan pengangguran secara tak terduga turun minggu lalu dan sentimen konsumen naik awal bulan ini di tengah optimisme terhadap keuangan rumah tangga.
Bunga Citra Arum Nursyifani | 14 April 2017 08:58 WIB
Mencari pekerjaan - rifemagazone.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA – Jumlah warga AS yang mengajukan dana bantuan pengangguran secara tak terduga turun minggu lalu dan sentimen konsumen naik awal bulan ini di tengah optimisme terhadap keuangan rumah tangga.

Departemen Tenaga Kerja AS mencatat, klaim pengangguran AS turun menjadi 234.000 pada minggu yang berakhir pada 8 April 2017. Koreksi minggua ketiga berturut-turut yang mendekati level terendah dalam 44 tahun 227.000 pada Februari lalu.

“Laporan hari ini konsisten dengan narasi The Fed bahwa ekonomi dekat dengan lapangan kerja dan beberapa tekanan inflasi sedang terbangun,” ujar Ryan Sweet, Ekonom Senior Moody’s Analytiics, seperti dikutip Reuters (14/4/2017).

Klaim pengangguran kini berada di bawah level 300.000, ambang batas yang dianggap sebagai pasar tenaga kerja yang sehat. Selain itu, pasar tenaga kerja juga nyaris penuh dengan lapangan kerja,dengan rasio pengangguran 4,5% --terendah dalam 10 tahun.

Rendahnya tingkat klaim menunjukkan bahwa penurunan tajam dalam pertumbuhan pekerjaan pada Maret adalah penyimpangan dan pasar tenaga kerja makin ketat. Nonfarm payrolls meningkat 98.000 bulan lalu, paling sedikit sejak Mei.

Sumber : Reuters

Tag : klaim, pengangguran
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top