Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TARGET CUKAI : DPR Minta Pemerintah Bekerja Keras

Badan Anggaran DPR meminta pemerintah untuk bekerja keras untuk mencapai target penerimaan cukai seperti yang tertuang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN.
Petugas menata tumpukan uang rupiah./JIBI-Abdullah Azzam
Petugas menata tumpukan uang rupiah./JIBI-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Anggaran DPR meminta pemerintah untuk bekerja keras untuk mencapai target penerimaan cukai seperti yang tertuang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN.

Ketua Badan Anggaran Azis Syamsuddin memaparkan, target penerimaan cukai tahun ini sekitar Rp157 triliun, sedangkan realisasi baru sekitar Rp7 triliunan hingga awal April lalu.

"Ini relatif cukup perlu bekerja keras, tentu ini akan menjadi dasar saat rapat dengan pemerintah," kata Azis kepada Bisnis yang dikutip Minggu (15/4/2017).

Menurutnya, dalam pertemuan dengan pemerintah pada Mei mendatang, mereka akan mempertanyakan sejumlah hal termasuk celah yang membuat penerimaan cukai minim.

"Tak hanya celah, nanti kami juga akan membicarakan soal potensi cukai lainnya," ungkapnya.

Selain itu, politisi Golkar yang juga merupakan anggota Komisi III DPR tersebut juga akan mengusulkan sinergitas antara aparat Bea dan Cukai dengan penegak hukum lainnya untuk menambal celah penyelundupan barang kena cukai.

Adapun berdasarkan data dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai (DJBC) realisasi penerimaan cukai per tanggal 3 April 2017 senilai Rp7,45 triliun.


Realisasi penerimaan cukai tersebut didominasi dari cukai hasil tembakau senilai Rp6,4 triliun, ethil alkohol Rp35 miliar MMEA senilai Rp994,63 miliar dan pendapatan cukai lainnya senilai Rp12,3 miliar.


Capaian tersebut masih jauh dari estimasi penerimaan cukai penerintah, pasalnya jika merujuk data tersebut, mereka menargetkan penerimaan cukai tahun ini senilai Rp157,18 triliun.


Komposisi penerimaan cukai tersebut berasal dari hasil tembakau yang dipatok Rp149,87 triliun, ethil alkohol Rp150 miliar, MMEA Rp5,53 triliun, dan pendapatan cukai lainnya senilai Rp1,6 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper