BKPM Ajak Sinosure Promosikan Indonesia

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menjalin kerja sama dengan China Export and Credit Insurance Corporation atau Sinosure untuk mempromosikan masuknya investasi asing ke Indonesia.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 18 April 2017  |  17:13 WIB

Bisnis.com,JAKARTA—Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menjalin kerja sama dengan China Export and Credit Insurance Corporation atau Sinosure untuk mempromosikan masuknya investasi asing ke Indonesia.

Melalui kerja sama tersebut, Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM Azhar Lubis menyatakan Sinosure sebagai salah satu lembaga keuangan di China itu akan memfasilitasi para calon investor untuk merealisasikan kegiatan perdagangan dan investasinya di Indonesia.

Sinosure sendiri merupakan lembaga keuangan yang didirikan pemerintah China untuk mendukung kerja sama perdagangan dan ekonomi luar negeri yang menyediakan asuransi ekspor kredit bagi perusahaan-perusahaan di China yang akan melakukan kegiatan ekspor barang modal, teknologi, jasa, serta yang akan melakukan investasi di dalam dan luar negeri.

“Sinosure merupakan perusahaan asuransi asing pertama yang diajak bekerja sama untuk program promosi investasi. Tentunya kami juga akan menjajaki kerja sama untuk promosi investasi dengan perusahaan-perusahaan asuransi asing lainnya,” kata Azhar, Selasa (18/4).

Menurutnya, nota kesepahaman bersama antara BKPM dan Sinosure ini bertujuan untuk meningkatkan investasi dari China ke Indonesia begitu juga sebaliknya, serta meningkatkan kemitraan antara pengusaha Indonesia dan China,”

Adapun, program kerja sama antara keduabelah pihak akan dilakukan melalui pertukaran informasi tentang kebijakan dan peluang-peluang investasi di kedua negara termasuk proyek-proyek pembiayaan investasi khususnya di bidang infrastruktur, pertanian, energi, dan program pembangunan lainnya.

Apabila memenuhi persyaratan dan kelayakan, ujarnya, Sinosure dapat memberikan layanan credit insurance dan pembiayaan bagi investor yang akan melakukan kegiatan investasinya di Indonesia pada bidang-bidang tersebut.

Selain itu, BKPM juga akan menawarkan peluang investasi melalui sejumlah proyek-proyek strategis kepada klien Sinosure. Berdasarkan penjelasannya, sejak akhir Maret 2017, Sinosure telah mendukung kegiatan ekspor dan investasi dari China ke Indonesia dengan total US$9,5 miliar yang terdiri dari 41 proyek jangka panjang dan menengah, dan sekitar 47 proyek investasi.

“Sinosure juga sudah memfasilitasi pinjaman sebesar US$5,4 miliar untuk beberapa proyek yang terdiri dari berbagai bidang,”jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan data BKPM, selama periode 5 tahun terakhir realisasi investasi asal China ke Indonesia telah menduduki peringkat ke-7 dengan total nilai mencapai US$4,53 miliar untuk mendukung pelaksanaan 631 proyek yang terdiri dari berbagai bidang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
investasi asing

Editor : Abraham Runga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup