Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7-DDR Diprediksi Tetap 4,75%

Suku bunga acuan Bank Indonesia, 7 Day Repo Rate, diperkirakan tidak akan mengalami perubahan atau tetap berada dalam level 4,75% pada bulan ini mengingat stabilitas perekonomian domestik masih kuat. Sebanyak 14 ekonom yang disurvei Bloomberg yakin Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia yang akan dilaksanakan minggu ini, Rabu dan Kamis (19-20 April 2017) akan mempertahankan 7 Day Repo Rate (7DDR) pada kisaran 4,75%. Dengan demikian, suku bunga 4,75% telah bertahan sejak Oktober atau lima bulan berturut-turut.

Bisnis.com, JAKARTA--Suku bunga acuan Bank Indonesia, 7 Day Repo Rate, diperkirakan tidak akan mengalami perubahan atau tetap berada dalam level 4,75% pada bulan ini mengingat stabilitas perekonomian domestik masih kuat. 

 Sebanyak 14 ekonom yang disurvei Bloomberg yakin Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia yang akan dilaksanakan minggu ini, Rabu dan Kamis (19-20 April 2017) akan mempertahankan 7 Day Repo Rate (7DDR) pada kisaran 4,75%. Dengan demikian, suku bunga 4,75% telah bertahan sejak Oktober atau lima bulan berturut-turut. 

Kepala Ekonom CIMB Niaga Adrian Panggabean menuturkan suku bunga seharusnya netral saat ini karena Bank Indonesia tidak memiliki alasan kuat untuk menaikan atau menurunkan suku bunga.

"Sampai semester I/2017, karena pertumbuhan ekonomi segitu [kisaran 5%], production capacity atau manufacturing capacity masih 75%-76%, maka tidak ada alasan bagi Bank Indonesia untuk menaikan suku bunga atau menurunkan," ujarnya kepada Bisnis, awal minggu ini (17/4). 

Dia yakin Bank Indonesia akan menjaga suku bunga hingga akhir tahun karena Indonesia tidak memiliki kekhawatiran terhadap suku bunga riil. Menurutnya, rata-rata inflasi tahunan Indonesia walaupun bisa mencapai 4,2%-4,5% pada Desember 2017, rata-rata inflasinya masih 3,9%. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Editor : Lutfi Zaenudin
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper