Pilgub DKI Kondusif, Forppi Optimistis Dunia Usaha Bangkit

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta berlangsung aman dan lancar. Situasi kondusif ini diyakini akan memacu kebangkitan dunia usaha.
Fajar Sidik
Fajar Sidik - Bisnis.com 20 April 2017  |  10:31 WIB
Pilgub DKI Kondusif, Forppi Optimistis Dunia Usaha Bangkit
Deretan gedung terlihat di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (6/4). - Antara/M Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA - Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta berlangsung aman dan lancar. Situasi kondusif ini diyakini akan memacu kebangkitan dunia usaha.

Hal itu dikemukakan Ketua Umum Forum Pengusaha Pribumi Indonesia (Forppi) Akhmad Ma'ruf Maulana di Jakarta, Rabu (19/4) malam.

"Alhamdulillah, pilkada putaran kedua pada Rabu 19 April lancar dan sukses. Ini akan berefek pada kepercayaan investor dan mendorong kebangkitan dunia usaha, UMKM," ujarnya, dalam siaran pers, Kamis (20/4).

Ma'ruf mengaku sangat bersyukur, mengingat menjelang hari "H" pesta demokrasi beberapa waktu lalu, banyak pelaku ekonomi yang waswas dan khawatir karena suhu politik makin memanas.

"Terjadi pergesekan keras yang mengarah pada rivalitas negatif, seperti muncul isu-isu pribumi dan nonpribumi. Semua ini patut kita syukuri karena ternyata masyarakat semakin dewasan dalam berdemokrasi," ujarnya.

Menurut dia, kondisi ini sangat mendukung dan mengairahkan dunia usaha dan mempercepat perputaran roda ekonomi, sehingga ke depan akan berdampak pada kesejahteraan rakyat. "Tentu ini sesuai Program Nawacita Presiden Jokowi," kata Ma'ruf.

Karena itu, ia sangat optimistis ke depan akan banyak program-program pemerintah, baik pusat maupun DKI, yang berkeadilan bagi warga Ibu Kota.

Ma'ruf pun mengajak warga serta para pengurus dan anggota Forppi terutama di DKI, untuk tetap menjaga soliditas dan suasana kondusif mengawal kerja Komisi Pimilihan Umum (KPU) DKI menuntaskan penghitungan suara dan secara resmi mengumumkan pemenang pilkada.

"Mari kita terus jalin semangat persatuan dan kesatuan. Karena pilkada yang tertib dan lancar menjadi salah kunci keberlangsungan dan kemajuan dunia usaha dan perputaran roda ekonomi nasional," ujarnya.

Ma'ruf mengapresiasi perhatian besar pasangan cagub-cawagub Anies Baswedan-Sandiaga S Uno pada pengusaha pribumi serta program UMKM. Proses penghitungan cepat (quick count) oleh sejumlah lembaga survei menunjukkan kemenangan Anies-Sandi.

“Komitmen Pak Anies dan Pak Sandi terhadap pengusaha pribumi dan pengembangan UMKM sangat kuat. Ini, tentu membangkitkan usaha pribumi, terutama melalui UMKM, sebagai pilar ekonomi di Ibu Kota Negara," ujarnya.

Komitmen Pak Anies dan Pak Sandi terhadap pengusaha pribumi dan pengembangan UMKM sangat kuat. Ini, tentu membangkitkan usaha pribumi, terutama melalui UMKM, sebagai pilar ekonomi di Ibu Kota Negara

Salah satunya, tutur dia, adalah Program OK OCE. Pembinaan komprehensif kalangan pebisnis UMKM secara merata di seluruh kelurahan, menurut Ma'ruf, akan melahirkan pengusaha baru dari kalangan pribumi.

Dengan demikian, papar dia, akan tercipta lapangan pekerjaan baru, sehingga problem pengangguran di DKI akan memperoleh solusi.

“Program OK-OCE nyata membantu sahabat UMKM. Pembinaan dan pendampingan yang intens kepada pelaku UMKM sudah lama dinanti. Forppi tidak ragu, sebab Sandi sebagai pengusaha selama ini sudah membuktikan kemampuannya dalam membina pebisnis baru,” ucapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pengusaha Pribumi, Pilgub DKI 2017

Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top