3 Kebijakan Pembentuk Birokrasi Menurut Menkeu

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengidentifikasi ada tiga aspek kebijakan yang akan membentuk birokrasi dalam kehidupan bernegara di Tanah Air.
Kurniawan A. Wicaksono
Kurniawan A. Wicaksono - Bisnis.com 11 Mei 2017  |  21:31 WIB
3 Kebijakan Pembentuk Birokrasi Menurut Menkeu
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - REUTERS/Yuri Gripas

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengidentifikasi ada tiga aspek kebijakan yang akan membentuk birokrasi dalam kehidupan bernegara di Tanah Air.

Dari informasi yang didapat Bisnis dari laman resmi Kemenkeu pada Kamis (11/5/2017), ketiga aspek kebijakan itu a.l. sistem kepemerintahan. Keputusan untuk melakukan desentralisasi, menurutnya, menjadi langkah yang sangat strategis.

“Banyak kewenangan yang didelegasikan kepada daerah. Itu adalah suatu keputusan yang sangat strategis, penting, karena berorientasi pada masyarakat yang hendak dan harus dilayani,” ujarnya.

Kedua, unsur teknologi. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini berpendapat teknologi mampu memberikan perubahan di dalam cara kerja birokrasi. Evaluasi dan perbaikan mode bisnis dari birokrasi harus terus dilakukan tanpa melewatkan teknologi.

Pasalnya, teknologi mampu mempermudah mencapai tujuan birokrasi yakni masyarakat dan menjaga kepentingan nasional dengan lebih efisien, lebih cepat, dan lebih akurat di dalam memberikan respons.

Ketiga, persaingan. Menkeu Sri berpendapatan persaingan dilakukan tidak untuk tujuan buruk, tetapi untuk meningkatkan kemakmuran rakyat. Hal ini dinilai mampu mengindarkan Indonesia dari ketertinggalan dari negara lain.

Persaingan, lanjut dia, akan mendorong munculnya ide inovasi dan perbaikan. Pihaknya berharap agar seluruh instansi saling belajar dan melihat inovasi yang telah dijalankan oleh instansi lain.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sri mulyani, birokrasi

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top