Penerapan NPG TingkatkanEfisiensi

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. menyatakan penerapan sistem gerbang pembayaran nasional (national payment gateway/NPG) akan membuat perusahaan, terutama perbankan, mampu menikmati pasar domestik.
Ropesta Sitorus | 22 Mei 2017 15:36 WIB
Nasabah melakukan transaksi perbankan melalui anjungan tunai manditi PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) di Jakarta. - JIBI/Dedi Gunawan
Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. meyakini penerapan sistem gerbang pembayaran nasional (national payment gateway/NPG) akan membuat perusahaan, terutama perbankan, mampu menikmati pasar domestik. 
 
Selama ini integrasi layanan transaksi melalui automated teller machine (ATM) maupun electronic data capture (EDC) masih mengandalkan penyedia jasa pembayaran dari luar negeri seperti Visa dan Mastercard. 
 
Corporate Secretary BRI Hari Siaga Amijarso mengatakan bila Indonesia memiliki sistem pembayaran terintegrasi lokal, perusahaan dalam negeri akan dapat melakukan efisiensi biaya. Selain itu, menurutnya, perusahaan dalam negeri akan diuntungkan dari segi cashflow. 

"Sebetulnya Indonesia merupakan market bagi dunia, terbukti Mastercard dan Visa bercokol di sini, artinya uangnya beredar di mereka. Dengan memiliki NPG sendiri, maka uangnya akan mengalir di Indonesia saja yang akan dinikmati perusahaan yang ada di sini," katanya, belum lama ini. 

Dia menilai, perbankan dalam negeri, khususnya pelat merah, telah siap untuk penerapan NPG. 
 
Apalagi dengan adanya rencana pembentukan holding perbankan, maka masing-masing bank pelat merah telah mulai menerapkan sinergi mulai dari layanan ATM dan EDC. Hanya saja, untuk bisa terlibat, perbankan perlu menata kembali infrastruktur teknologinya masing-masing. 
 
"Karena itu menyangkut kesiapan teknologi, maka itu yang menjadi hal utama yang perlu disiapkan. Integrasi dengan beberapa pihak yang perlu kita tata kembali," katanya.
 

Tag : bri, bri
Editor : Ropesta Sitorus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top