Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kinerja Bank Syariah Diproyeksi Membaik

JAKARTA Industri perbankan syariah diproyeksi akan membukukan perolehan laba yang lebih baik dibandingkan tahun lalu, merujuk pada kinerja pada kuartal I/2017.

Bisnis.com, JAKARTA – Industri perbankan syariah diproyeksi akan membukukan perolehan laba yang lebih baik dibandingkan tahun lalu, merujuk pada kinerja pada kuartal I/2017.

Pelaksana Tugas Sekretaris Perusahaan PT Bank BRI Syariah Indri Tri Handayani mengatakan lonjakan perolehan laba bank syariah pada awal tahun ini lebih banyak dipengaruhi oleh membaiknya kondisi sejumlah bank yang pada tahun lalu mengalami penurunan kinerja.

"Kondisi beberapa bank pada tahun lalu di bottom, tetapi saat ini sudah siap lari. Jadi ini ada sumbangan growth dari bank yang tahun lalu mengalami stagnasi tersebut," ujarnya kepada Bisnis, Kamis (8/6).

Pada tahun ini, lanjut Indri, pertumbuhan pembiayaan banyak didorong oleh inovasi produk baru terutama di segmen pembiayaan konsumer. Pasalnya, secara umum pembiayaan produktif ke sektor riil masih terkendala oleh kondisi ekonomi yang masih dihadang volatilitas.

Dengan perubahan strategi tersebut, Indri meyakini kinerja perbankan syariah hingga akhir tahun ini akan lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu.

“Pertumbuhan tahun ini paling tidak sama dengan tahun lalu atau sedikit lebih baik dibanding tahun lalu,” katanya.

Laba bersih industri perbankan syariah yang meroket pada kuartal pertama tahun ini menerbitkan optimisme untuk hasil yang lebih baik hingga akhir tahun.

Data Statistik Perbankan Syariah menunjukkan laba industri perbankan syariah pada kuartal I/2017 naik signifikan dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Laba bersih yang diraih oleh bank umum syariah dan unit usaha syariah per Maret 2017 tercatat senilai Rp1,16 triliun, melonjak 41,7% dibandingkan dengan perolehan laba pada periode yang sama tahun lalu senilai Rp822 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper