EKONOMI GLOBAL: IMF Setujui Bailout Yunani Hingga Aksi Akuisisi Amazon

Berikut ini analisis perkembangan ekonomi makro di sejumlah kawasan di dunia, yang dikutip dari Binaartha Global Macro Analysis, yang dirilis hari INI, Senin (19/6).
Fajar Sidik | 19 Juni 2017 07:12 WIB
Ilustrasi koneksi global - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Berikut ini analisis perkembangan ekonomi makro di sejumlah kawasan di dunia, yang dikutip dari Binaartha Global Macro Analysis, yang dirilis hari INI, Senin (19/6).

Asia
Keputusan BoJ yang tidak merubah kebijakan moneternya memberikan dampak positif pada laju bursa saham Asia di akhir pekan. Sejumlah bursa saham mampu berbalik menguat.

Pelaku pasar menanggapi positif sikap BoJ yang optimis akan private consumption Jepang yang akan membaik. Harga minyak Asia kembali menguat sehingga berimbas pada kenaikan saham-saham migas di Asia namun, terhalangi oleh pelemahan pada saham-saham tekno.

Zona Eropa
Mengikuti laju bursa saham Asia, pergerakan bursa saham Eropa mampu kembali menguat. Adanya berita penyelesaian masalah penanganan utang Yunani memberikan dampak positif.

IMF kembali menyetujui program bailout Yunani. Indeks pan-European Stoxx600 melemah 0,66 persen dengan mayoritas sektor berada dalam teritori positif. Terkecuali sektor ritel yang melemah setelah dirilisnya pembelian Whole Foods senilai US$13,7 miliar oleh Amazon.

USA
Di akhir pekan, laju bursa saham AS mampu kembali menguat meski saham-saham konsumer cenderung melemah. Pelemahan ini sejalan dengan rencana pembelian Whole Foods oleh Amazon.

Di sisi lain, aksi tersebut memberikan dampak positif pada kedua saham namun, melemahkan saham lainnya. Kembali menguatnya sejumlah harga minyak mentah menguatkan saham-saham energi dan berimbas pada sejumlah indeks saham AS.

(Binaartha_Research|Disclm.On)

Tag : amazon.com
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top