MINYAK MENTAH: Harga BBM Tidak Naik

Kementerian Koordinator bidang Perekonomian menyatakan Pemerintah tidak akan menaikkan tarif bahan bakar minyak hingga akhir tahun menyusul harga minyak mentah dunia yang diprediksi stabil hingga akhir tahun
Dewi Aminatuz Zuhriyah | 19 Juni 2017 16:11 WIB
Petugas mengisikan BBM, di sebuah SPBU. - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Koordinator bidang Perekonomian menyatakan Pemerintah tidak akan menaikkan tarif bahan bakar minyak hingga akhir tahun menyusul harga minyak mentah dunia yang diprediksi stabil hingga akhir tahun. 

Menurut Menko Perekonomian Darmin Nasution, sikap pemerintah itu didasarkan tidak ada urgensi untuk menaikkan BBM tersebut. Darmin mengatakan sejauh ini kenaikan harga BBM bergantung pada harga minyak mentah dunia, kendati hingga saat ini harga minyak dunia pun masih stabil atau tidak ada kenaikan.

“Sejauh ini Pemerintah tidak melihat tekanan yan cukup, kalau saya bilang tekanan kan artinya harga crude. Yang menekan [kenaikan BBM] kan harga crude, harga sampai akhir tahun kecederungannya tidak naik,” ujar Darmin, Senin (19/6).

Pada kesempatan yang sama, Darmin mengatakan saat ini tantangan dalam pengendalian inflasi terutama bersumber dari harga-harga yang diatur oleh pemerintah (administered price), seperti tarif listrik, BBM hingga tarif pembuatan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Dia bersyukur gejolak inflasi yang bersumber dari lonjakan harga pangan (volatile food) inflasi masih cukup terkendali. "Tarif listrik dan STNK itu sudah naik di awal, tetapi sepertinya tidak ada lagi rencana menaikkan admistered price dalam waktu dekat,"  ujar Darmin.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Harga BBM, subsidi, indonesia crude price

Editor : Lutfi Zaenudin

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top