Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapan Seseorang Perlu Dana Pensiun?Ini Jawabannya

Dana Pensiun akan sangat diperlukan saat seseorang telah mencapai usia pensiun. Namun, alangkah baiknya dana pensiun mulai dibangun dan dimiliki oleh setiap karyawan sejak dini, atau pertama kali bekerja dan menerima penghasilan dari tempat kerja.nn
/Bisnis
/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Dana Pensiun akan sangat diperlukan saat seseorang telah mencapai usia pensiun. Namun, alangkah baiknya dana pensiun mulai dibangun dan dimiliki oleh setiap karyawan sejak dini, atau pertama kali bekerja dan menerima penghasilan dari tempat kerja.

Masa pensiun umumnya dicapai saat usia 55 tahun, dan apabila angka harapan hidup adalah 75 tahun maka akan menjalani hidup selama 20 tahun.

Oleh karena itu, Dana Pensiun harus dibangun lebih dari 20 tahun sebab angka inflasi membuat biaya hidup masa depan lebih tinggi. Oleh karena itu, dana pensiun sebelum berusia 30 tahun mulai 10% hingga 20% setiap bulannya.

Pegawai dan karyawan swasta, baik yang memiliki dana pensiun melalui Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) atau Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK) sebaiknya membangun Dana Pensiun Mandiri. Dana Pensiun Mandiri dapat dilakukan melalui DPLK maupun menyimpan investasinya di berbagai lembaga jasa keuangan lainnya.

Adapun Pegawai Negeri yang memperolah dana pensiun pemerintah yang nilainya akan menurun dibandingkan dengan perolehan gaji terakhir, dapat pula membangun Dana Pensiun Mandiri sebagai dana tambahan. Dengan demikian, kualitas hidup yang dijalani dapat tetap dipertahankan.

Hal tersebut diperlukan mengingat segala kebutuhan biaya hidup semakin tinggi dan kompleks, sementara kondisi kesehatan saat pensiun tentunya semakin menurun dan memerlukan dana perawatan kesehatan yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper