Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Koinworks Bekerjasama dengan Pefindo

KoinWorks startup Fintech lokal yang bergerak di bidang layanan keuangan berbasis peer to peer lending, resmi bekerja sama dengan pemberi rating perusahaan industri keuangan, PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).
Chief of Operation (COO) KoinWorks, Bernard Arifin/Istimewa
Chief of Operation (COO) KoinWorks, Bernard Arifin/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - KoinWorks startup Fintech lokal yang bergerak di bidang layanan keuangan berbasis peer to peer lending, resmi bekerja sama dengan pemberi rating perusahaan industri keuangan, PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

Menurut Benedicto Haryono, Co-Founder dan Chief Executive Officer (CEO) KoinWorks, kerja sama dengan Pefindo merupakan wujud komitmen perusahaan untuk memberikan layanan terbaik bagi investor. Melalui publikasi rating kinerja keuangan perusahaan yang transparan, investor KoinWorks dapat senantiasa mengevaluasi pilihan investasi mereka, tanpa perlu khawatir akan status perusahaan.

“Kerja sama ini penting, karena dapat membantu improve kualitas. Dengan adanya ini, KoinWorks juga mulai membangun credit history bagi orang-orang yang sebelumnya belum memilikinya, karena banyak dari customer kita sebelumnya belum ada fasilitas kredit dari perbankan. Dengan ini, ke depannya mereka bisa menjadi bankable” kata Ben dalam siaran persnya

Chief of Operation (COO) KoinWorks, Bernard Arifin menambahkan, dengan adanya kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan rasa aman investor terhadap KoinWorks dan keamanan bertransaksi melalui layanan yang diberikan. Kerja sama ini menguntungkan KoinWorks dalam beberapa aspek. Yang utama adalah akses terhadap riwayat kredit, di mana KoinWorks akan memiliki informasi lebih detail dalam melakukan analisa kredit.

“Contoh paling mudah ialah membandingkan orang yang pernah mengambil kredit, dengan orang yang tidak pernah punya kredit. Kita pasti lebih nyaman dengan orang yang terbiasa memiliki kredit dan status cicilan yang lancar dalam periode tertentu,” kata Bernard.

Pengetahuan tentang riwayat kredit ini akan membantu penilaian kelayakan calon peminjam di KoinWorks. Dan dapat menelusuri riwayat kredit calon peminjam, pola pembayaran kredit, dan keberadaan institusi lain sebagai sumber dana. Melalui kerja sama ini, KoinWorks juga dapat menggali beragam informasi data pribadi calon peminjam, yang digunakan sebagai pengecekan latar belakang profil mereka.

Keuntungan lainnya ialah KoinWorks dapat menerapkan prinsip transparansi yang sama terhadap peminjam. Peminjam yang tidak disiplin melunasi kewajiban mereka, akan memperoleh risiko berupa pelaporan transaksi yang tidak lancar ke Pefindo. Mekanisme ini diharapkan menciptakan efek jera, sebab peminjam memperoleh catatan buruk dalam riwayat keuangan mereka. Hal ini akan mempengaruhi transaksi keuangan para peminjam di masa depan, misalnya saat pengajuan aplikasi kredit pembayaran rumah (KPR).

KoinWorks telah mencatatkan kenaikan jumlah investor paska terdaftar secara resmi di OJK. Per akhir Juni 2017, KoinWorks memiliki 11.000 lebih investor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper