Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Taspen Jalin Kemitraan dengan Bank Banten

PT Taspen (Persero) bekerjasama dengan PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk. atau Bank Banten untuk menyelenggarakan layanan bagi peserta Aparatur Sipil Negara aktif maupun pensiun.
Gedung PT Taspen (Persero)/Istimewa
Gedung PT Taspen (Persero)/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA— PT Taspen (Persero) bekerjasama dengan PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk. atau Bank Banten untuk menyelenggarakan layanan bagi peserta Aparatur Sipil Negara aktif maupun pensiun.

Kesepakatan perjanjian kerjasama tersebut meliputi pembayaran Tabungan Hari Tua, Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Kematian.

Direktur Utama PT Taspen Iqbal Latanro berharap melalui kerjasama tersebut dapat memberikan alternatif bagi peserta Taspen untuk menerima pembayaran atas Tabungan Hari Tua, Pensiun, JKK, dan JKM.

“Ini adalah strategi yang benar karena Bank Banten itu tempat payroll dari gaji sehingga tentu NPL atau kualitas krdit yang diberikan akan lebih baik karena payroll lebih panjang,” kata Iqbal di Jakarta, Jumat (22/9/2017).

Iqbal mengatakan jumlah peserta Taspen sebayak 6,7 juta peserta yang terdiri dari 4,2 juta peserta aktif dan 2,5 juta peserta pensiun.

Melalui kerjasama dengan Bank Banten diharapkan dapat mengoptimalkan layanan. Selain itu, lanjut Iqbal, melalui kerjasama tersebut diharapkan Bank Banten dapat memahami produk-produk yang dimiliki oleh Taspen sehingga dapat merealisasikan pelayanan prima sesuai dengan target Taspen yaitu Tepat Orang, Tepat Waktu, Tepat Jumlah, Tepat Tepat, dan Tepat Administrasi (5T).

Dia juga berharap kerjasama itu dapat mendukung pelaksanaan otentikasi berkala terhadap peserta guna memberikan kemudahan, percepatan layanan melalui kantor mitra layanan Taspen atau Office Channeling dan Layanan Kunjungan Penerima Pensiun.

“Dikarenakan dana pembayaran pensiu berasal dari APBN, Bank Banten berlaku akuntabel dalam pembayaran manfaat secara rutin terhadap peserta,” katanya.

Selain itu, dia mengatakan Bank Banten bersama dengan TASPEN dapat melakukan monitoring dan pengawasan serta rekonsiliasi pembayaran pensiun secara realtime melalui sistem pembayaran pensiun e-dapen dan non dapem.

Lebih lanjut, menurut Iqbal terkait kemitraan tersebut juga diperlukan sosialisasi bersama supaya kedua belah pihak dapat saling memahami peranan dan fungsi masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper