Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HSBC Gandeng WWF Indonesia dalam Program Konservasi

Bisnis.com, JAKARTA PT Bank HSBC Indonesia berkolaborasi dengan WWF Indonesia dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi dengan program konservasi lingkungan hidup.

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank HSBC Indonesia berkolaborasi dengan WWF Indonesia dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi dengan program konservasi lingkungan hidup.

Head of Corporate Sustainability Bank HSBC Indonesia Nuni Sutyoko mengatakan kerja sama ini membangun peran strategis perseroan dalam berkontribusi bagi masyarakat Indonesia lebih luas lagi.

“Kemitraan ini juga bertujuan untuk mendorong perkembangan bisnis sekaligus membangun ketahanan ekonomi masyarakat. Inilah yang kami sebut keberlanjutan atau sustainability,” ujarnya di Jakarta, Jumat (30/9).

Nuni melanjutkan, pelaku bisnis sering menempatkan sustainability sebagai aspek tambahan dari bisnis mereka. Sesungguhnya, aspek sustainability dan konservasi adalah dua hal yang saling terkait dan menjadi bagian penting untuk memastikan keberlangsungan bisnis di masa mendatang. Bahkan dengan konservasi lingkungan, akan mendekatkan masyarakat sekitar pada beragam peluang ekonomi baru, seperti pertanian atau pariwisata, yang berpotensi mampu membangun kesejahteraan dalam jangka panjang.

Bank HSBC berkomitmen mendukung beragam program konservasi lingkungan hidup yang telah dijalankan oleh WWF Indonesia selama lebih dari satu dekade, yang menyasar dimensi ekonomi, ekologi dan kesejahteraan sosial.

“Kami berharap beragam program konservasi yang dijalankan ini dapat membuktikan sekaligus menginspirasi para pelaku bisnis di manapun, bahwa kelestarian adalah faktor penting dalam mewujudkan bisnis yang berkelanjutan,” ungkap Nina.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Konservasi WWF-Indonesia Arnold Sitompul menyampaikan bahwa pihaknya mencoba mewujudkan keberlanjutan ekonomi masyarakat melalui penerapan prinsip pemanfaatan lingkungan secara lestari di berbagai sektor.

“Kerja sama dengan institusi keuangan dan perbankan menjadi salah satu bentuk kemitraan yang strategis untuk memastikan implementasi pemanfaatan secara lestari bisa sejalan dengan tumbuhnya perekonomian masyarakat,” katanya.

Adapun, realisasi dari kerjasama ini diwujudkan dengan menggelar serangkaian program konservasi lingkungan berkelanjutan di berbagai wilayah Indonesia, yang membentang dari Sumatera hingga Papua. Program tersebut antara lain adalah pembudidayaan perikanan di Kawasan Segitiga Karang Dunia, monitoring hiu-paus, edukasi lingkungan dan sanitasi di Teluk Cendrawasih. Lalu, program air bersih melalui pembangunan pusat informasi dan laboratorium air tawar di Rimbang Baling Riau, pengelolaan limbah dan sanitasi di Teluk Cendrawasih dan Labuan Bajo, program pertanian kelapa sawit yang berkelanjutan di Kalimantan Barat, serta program wisata bahari berwawasan lingkungan di Indonesia Timur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Andry Winanto
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper