Dongkrak Easy of Doing Business, Perizinan Investasi Bisa Online 2018

Pemerintah menargetkan perizinan berusaha melalui online bisa diterapkan pada awal tahun depan. Ini merupakan upaya pemerintah untuk mengejar target Easy of Doing Business atau EoDB peringkat 40 pada 2020 mendatang.
Dewi Aminatuz Zuhriyah | 16 November 2017 17:59 WIB
Ilustrasi - jakarta.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menargetkan perizinan berusaha melalui online bisa diterapkan pada awal tahun depan. Ini merupakan upaya pemerintah untuk mengejar target Easy of Doing Business atau EoDB peringkat 40 pada 2020 mendatang.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menuturkan saat ini pihaknya tengah memeriksa pembentukan satgas [satuan tugas] percepatan berusaha di tingkat kementerian.

"Kami follow up untuk percepatan perizinan berusaha. Kami sudah mulai cek setiap kementerian. Tadi kami undang lima kementerian untuk cek apa yang sudah dilakukan supaya satgas  itu sudah terbentuk dan apa saja tugas yang segera dimulai," katanya di kantor Kemenko Perekonomian, Kamis (16/11/2017).

Dalam hal ini, Darmin meminta agar seluruh kementerian harus menyelesaikan tahap pertama di PTSP atau Perizinan Terpadu Satu Pintu.  "Intinya di tahap satu, semua harus selesai di PTSP saja. [Nanti] PTSP lah yang komunikasi dengan satgas supaya investor tidak bolak balik datang [ajukan izin]."

Sementara itu, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan saat ini pihaknya tengah menyederhanakan sejumlah perijinan. Termasuk perizinan investasi yang masuk dalam lingkup Kementerian Perdagangan. "Kami bahas PTSP, penyederhanaan perizinan."

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
darmin nasution

Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top