Bank Mandiri Salurkan KUR untuk Peremajaan Kelapa Sawit

Bisnis.com, JAKARTA PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menyalurkan kredit usaha rakyat untuk peremajaan tanaman kelapa sawit di Labuhan Batu Selatan, Sumatra Utara.
Farodlilah Muqoddam | 27 November 2017 15:36 WIB
Perkebunan kelapa sawit - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menyalurkan kredit usaha rakyat untuk peremajaan tanaman kelapa sawit di Labuhan Batu Selatan, Sumatra Utara.

Kredit usaha rakyat (KUR) tersebut disalurkan kepada 165 petani sawit dari kelompok Aek Raso Maju Bersama yang memiliki luas lahan 402 hektare. Total komitmen kredit bersubsidi yang disalurkan adalah Rp20 miliar.

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Sulaiman Arif Arianto mengatakan, kredit tersebut menetapkan tenor 13 tahun, dengan bunga 7% per tahun, sesuai dengan standar bunga KUR yang mulai berlaku tahun depan.

“Potensi industri kelapa sawit sangat besar, apalagi saat ini kelapa sawit tercatat menjadi salah satu penyumbang devisa terbesar selain migas,” ujar Sulaiman dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Senin (27/11).

Melalui penyaluran ke sektor kelapa sawit, Sulaiman mengatakan pihaknya juga optimis dapat memenuhi komitmen pembiayaan KUR ke sektor produktif sebesar 40% dari total portofolio KUR perseroan.

Hingga Oktober 2017, Bank Mandiri telah menyalurkan KUR sebesar Rp10,5 triliun atau 81% dari target Rp13 triliun pada tahun ini. Dari penyaluran itu, nilai penyaluran KUR Mikro sebesar Rp1,8 triliun, KUR Retail Rp8,7 triliun dan KUR TKI Rp9 miliar. 

Secara akumulatif, Bank Mandiri telah menyalurkan KUR sebesar Rp45,53 triliun sejak KUR diperkenalkan. Sedangkan jumlah debitur KUR Bank Mandiri adalah sebanyak 184.628 UKM. 

Dari realisasi KUR tahun 2017 tersebut, penyaluran KUR ke sektor produktif, yakni pertanian, perikanan dan industri pengolahan telah mencapai Rp4,4 triliun atau 42%. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bank mandiri, kelapa sawit

Editor : Farodlilah Muqoddam

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top