Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Generasi Milenial Sulit Beli Rumah, Ini Pemicunya!

Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil mengaku khawatir mendengar banyak kajian yang memaparkan bahwa 90% generasi milenial tidak mampu membeli rumah. Menurutnya, pemerintah perlu ambil bagian untuk mendistribusikan tanah melalui land manager.
Generasi milenial China./Istimewa
Generasi milenial China./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil mengaku khawatir mendengar banyak kajian yang memaparkan bahwa 90% generasi milenial tidak mampu membeli rumah.

Menurutnya, pemerintah perlu ambil bagian untuk mendistribusikan tanah melalui land manager.

"Ini karena kenaikan harga tanah tidak sejalan dengan kenaikan income," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (30/11/2017).

Sofyan menuturkan Kementerian ATR/BPN terus mengupayakan pembentukan Bank Tanah untuk bisa menjalankan fungsi sebagai land manager. Menurutnya, saat ini Kementerian ATR/BPN hanya menjalankan fungsi land administrator yakni mengatur hak dan memberi kepastian hukum atas tanah.

"Di mana-mana Kementerian Agraria punya dua tangan, land administrator dan land manager. Ini land manager sejak 1958 dihilangkan. Jadi walau secara de jure negara menguasai seluruh tanah, secara de facto negara tidak punya tanah," imbuhnya.

Sofyan menjelaskan pembentukan Bank Tanah telah dimasukkan ke dalam Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) Rancangan Undang-Undang Pertanahan yang diserahkan Kementerian ATR/BPN sebagai wakil pemerintah kepada Komisi II DPR RI.

"Kami masukkan dengan sangat eksplisit. Kalau sudah ada bank tanah, hari ini tanah terlantar bisa kita ambil, kita berikan ke instansi yang membutuhkan," tambahnya.

Selain Bank Tanah, Kementerian ATR/BPN, paparnya, telah mengeluarkan regulasi terkait pengembangan kawasan berorientasi transit atau yang lebih dikenal dengan Transit Oriented Development (TOD). Aturan tersebut dikeluarkan untuk mendukung pembangunan integrasi transportasi umum masal yang telah dilakukan pemerintah.

"Negara sudah investasi besar sekali untuk MRT, LRT, sangat penting untuk meng-capture value yang di-create pemerintah," jelasnya.


Pembangunan kawasan TOD dibagi dalam 3 jenis tipologi kawasan berdasarkan skala layanan, pengembagan pusat pelayanan, dan kegiatan yang dikembangkan.

"Ini akan membuat kota menjadi lebih baik, dan mobilitas orang menjadi lebih cepat dan lebih murah," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper