Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BSM Salurkan Pembiayaan Mikro Rp18 Miliar di Garut

Pembiayaan mikro yang digulirkan PT Bank Syariah Mandiri alias BSM di wilayah Garut, Jawa Barat tercatat Rp18 miliar per November tahun ini dengan NPF di bawah 2%.

Bisnis.com, GARUT—Pembiayaan mikro yang digulirkan PT Bank Syariah Mandiri alias BSM di wilayah Garut, Jawa Barat tercatat Rp18 miliar per November tahun ini dengan NPF di bawah 2%.

Branch Manager BSM Cabang Garut Gilly Prayoga Widayanto mengatakan, penyaluran pembiayaan di segmen mikro itu mayoritas ke industri kreatif serta perdagangan. Porsi terbesar tetap perdagangan sekitar 60% sedangkan industri kreatif sekitar 40%.

“Pembiayaan mikro kami batasannya sampai dengan Rp200 juta, kalau di atas Rp200 juta sampai dengan Rp5 miliar masuknya ke usaha kecil. Di Garut kami seratus persen membiayaai ritel, tidak ada korporasi,” tuturnya, di Garut, Jumat (8/12/2017).

Saat ini, jumlah nasabah pembiayaan mikro BSM Wilayah Garut berkisar 250 orang. Guna menjaga risiko pembiayaan yang disalurkan, salah satu opsinya ditempuh perseroan dengan membidik nasabah pembiayaan yang bisnisnya berjalan secara berkelompok.

Dengan cara tersebut, dapat membantu bank menelaah karakter bisnis calon nasabahnya. Cara seperti ini diharapkan dapat membantu BSM Wilayah Garut untukk mencapai target pembiayaan per akhir tahun ini sebesar Rp120 miliar dengan profil risiko yang terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dini Hariyanti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper