Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

"Crash" Bitcoin Ancam Pasar Keuangan Tahun Depan

Deutshce Bank menyebutkan setidaknya ada 30 sentimen negatif yang akan memengaruhi pasar keuangan di tahun 2018 mendatang.
Ilustrasi/Pando
Ilustrasi/Pando

Bisnis.com, JAKARTA -Deutsche Bank menyebutkan setidaknya ada 30 sentimen negatif yang akan memengaruhi pasar keuangan di tahun 2018 mendatang.

Salah satunya, adalah investasi yang saat ini tengah ramai dibicarakan yakni mata uang virtual bitcoin.

Kepala ekonomi internasional Deutsche Bank Torsten Slok mengatakan boomingnya  bitcoin tahun ini dapat menimbulkan risiko nyata bagi pasar yang lebih luas tahun depan.

Selain bitcoin, Slok juga menyebutkan beberapa risiko lainnya yang bisa memengaruhi pasar adalah inflasi AS yang lebih tinggi dan ancaman Korea Utara. Demikian seperti dikutip dari CNBC.com Senin (11/112).

Bitcoin telah muncul sebagai fenomena keuangan tahun ini karena mata uang digital ini  sempat menyentuh angka US$19.000 pekan lalu.

Slok menyebutkan pasar belum memiliki harga yang tepat sehingga bisa memiliki dampak yang lebih besar tahun depan.

"Selama ini pasar masih belum melihat dampak besar yang bisa ditimbulkan oleh fenomena bitcoin ini," ujarnya.

Dia juga mengkhawatikan perubahan harga bitcoin akan semakin "liar" dan memberikan dampak sistemik terhadap pasar keuangan tahun depan.

Menurutnya beberapa kekhawatiran yang mungkin bisa timbul adalah kenaikan harga yang tidak terprediksi dan dia yakin bitcoin masih akan menjadi topik "panas" tahun depan.

Harga Bitcoin naik cukup tajam pada hari Minggu (10/12) waktu setempat setelah Cboe Futures Exchange memulai bursa perdagangan bitcoin (bitcoin futures).

Menurut data Coinbase, harga bitcoin bertengger di US$14.890 pada pukul 6 sore waktu New York dan kemudian melonjak sekitar US$700 menuju US$15.686,85 pada pukul 6.30 sore atau berselang hanya sekitar 30 menit.

Sementara itu, bitcoin futures yang baru diluncurkan tersebut dikabarkan mengalami kenaikan 4,5% menjadi US$16.150 di Cboe pada awal perdagangan. Pada Minggu, Cboe meluncurkan bitcoin futures dengan kode 'XBT' menyusul kenaikan besar dalam harga mata uang virtual (cryptocurrency) itu tahun ini.

Berikut 30 sentimen berisiko pengaruhi pasar keuangan tahun depan menurut Deutsche Bank.

"Crash" Bitcoin Ancam Pasar Keuangan Tahun Depan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : CNBC

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper