Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BTN Resmikan Kantor Cabang Pematang Siantar

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. kian menunjukkan komitmen perseroan menjangkau masyarakat untuk memiliki rumah dengan harga terjangkau dan mudah. Kali ini, dalam rangka mewujudkan komitmen tersebut sekaligus mendukung Program Satu Juta Rumah, Bank BTN membuka Kantor Cabang di Pematang Siantar.
Bank BTN/ilustrasi
Bank BTN/ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA --PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. kian menunjukkan komitmen perseroan menjangkau masyarakat untuk memiliki rumah dengan harga terjangkau dan mudah. Kali ini, dalam rangka mewujudkan komitmen tersebut sekaligus mendukung Program Satu Juta Rumah, Bank BTN membuka Kantor Cabang di Pematang Siantar.

Adapun, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada akhir 2016, hanya 69,95% masyarakat di Sumatera Utara yang memiliki rumah sendiri atau sekitar 9,86 juta penduduk dari 14,1 juta orang. Sementara, sisanya atau sebanyak 4,23 juta orang belum menempati rumah sendiri. BPS merekam sisanya atau sebanyak 4,55% masyarakat Sumatera Utara masih menempati rumah dinas, 12,75% menyewa rumah, 12,34% bebas sewa, dan lainnya 0,4%.

Direktur Bank BTN Nixon L. P. Napitupulu mengatakan potensi permintaan rumah di Pematang Siantar masih tinggi. Apalagi, dengan hadirnya Bandara Silangit, akan kian meningkatkan perekonomian di kota transit tersebut.

“Selain potensi pertumbuhan ekonomi dari hadirnya Bandara Silangit, kami melihat sektor perdagangan, perkebunan, dan industri di Pematang Siantar terus bertumbuh sehingga meningkatkan angka kebutuhan rumah. Peresmian Kantor Cabang ini menjadi langkah strategis kami menggarap peluang pasar tersebut,” katanya melalui siaran resmi yang diterima Bisnis, Jumat (15/12).

Nixon menjelaskan kantor Cabang Pematang Siantar tersebut merupakan peningkatan status dari sebelumnya berupa Kantor Cabang Pembantu. Jangkauan bisnis Kantor Cabang Pematang Siantar itu meliputi kawasan Sumatera Utara bagian selatan dan membawahi jaringan kantor Bank BTN di Sibolga, Rantau Parapat, dan Kisaran. Dengan resminya Kantor Cabang Pematang Siantar pun menambah jumlah Kantor Cabang Bank BTN di Sumatera Utara. Sebelumnya, Bank BTN hanya memiliki satu kantor cabang yakni Bank BTN Kantor Cabang Medan.

Sementara itu, hingga November 2017, Bank BTN Kantor Cabang Pematang Siantar telah merealisasikan kredit sekitar Rp82 miliar. Jaringan kantor Bank BTN di kota terbesar kedua di Sumatera Utara ini juga tercatat telah menghimpun dana pihak ketiga (DPK) sekitar Rp260 miliar per November 2017.

Hadirnya kantor cabang ini, lanjut Nixon, juga diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat layanan KPR bagi masyarakat di Pematang Siantar dan sekitarnya. “Kami berkomitmen penuh mendukung Program Satu Juta Rumah. Perluasan jaringan kantor ini menjadi langkah Bank BTN untuk mempercepat pemberian KPR bagi masyarakat di seluruh Indonesia,” katanya.

Hingga kini, Bank BTN tercatat telah memiliki 904 kantor layanan baik konvensional maupun syariah. Emiten bersandi saham BBTN ini juga memiliki 1.964 mesin anjungan tunai mandiri (ATM) dan terhubung dengan 10.000 jaringan ATM Link. Layanan bisnis Bank BTN juga terhubung dengan 2.954 jaringan Kantor Pos di seluruh Indonesia.

Adapun, layanan KPR Bank BTN tercatat telah hadir di Indonesia selama 41 tahun terhitung sejak 1976. Pada puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-41 KPR BTN, Selasa (12/12), Bank BTN tercatat telah memberikan pembiayaan bagi masyarakat untuk mendapatkan rumah yang layak, bank dengan sandi saham BBTN ini telah mengucurkan kredit baik berskema konvensional maupun syariah senilai Rp230,2 triliun untuk merealisasikan KPR bagi 4,1 juta unit rumah.

Dari pencapaian tersebut, sebesar 3,08 juta unit atau lebih dari 75% diantaranya mengalir dalam bentuk KPR Subsidi. Angka tersebut setara dengan nilai KPR Subsidi sebesar Rp110,45 triliun. Sedangkan sisanya atau sebesar Rp 119,76 triliun didistribusikan dalam bentuk KPR Non-Subsidi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper