Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CIMB Niaga Uji Coba Remitansi Rekening Ponsel

PT Bank CIMB Niaga Tbk. mendukung kebijakan Bank Indonesia (BI) dalam Uji Coba Remitansi Antar Negara dalam rangka peningkatan Gerakan Nasional Non Tunai dan Akses Keuangan, yang dimulai sejak Oktober 2017 hingga Januari 2018.
Presiden Direktur PT Bank CIMB Niaga Tbk  (CIMB Niaga) Tigor M Siahaan (tengah) bersama Direktur Lani Darmawan (kiri), dan Direktur Wan Razly meresmikan layanan The New Go Mobile, di Jakarta, Rabu (29/11)./JIBI-Endang Muchtar
Presiden Direktur PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) Tigor M Siahaan (tengah) bersama Direktur Lani Darmawan (kiri), dan Direktur Wan Razly meresmikan layanan The New Go Mobile, di Jakarta, Rabu (29/11)./JIBI-Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank CIMB Niaga Tbk. mendukung kebijakan Bank Indonesia (BI) dalam Uji Coba Remitansi Antar Negara dalam rangka peningkatan Gerakan Nasional Non Tunai dan Akses Keuangan, yang dimulai sejak Oktober 2017 hingga Januari 2018.

Dukungan itu diberikan melalui produk rekening ponsel yang dapat menjadikan nomor telepon seluler (ponsel) untuk menerima remitansi dari para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia kepada keluarganya di Indonesia, tanpa perlu memiliki rekening bank.

“Keikutsertaan kami dalam pilot project BI ini menjadikan CIMB Niaga sebagai bank pertama di Indonesia yang dapat memfasilitasi pengiriman uang dari para TKI di Malaysia ke seluruh nomor ponsel penerima di Indonesia,” kata Chief of Transaction Banking CIMB Niaga Hendra Lembong dalam keterangan resmi, Jumat (15/12/2017).

CIMB Niaga berinisiatif mengambil model pengiriman uang ke ponsel karena sudah memiliki produk rekening ponsel yang didukung CIMB Islamic Bank di Malaysia dengan produk remitansinya yaitu SpeedSend.

Dengan keunggulan jaringan infrastruktur CIMB Group di ASEAN, para TKI di Malaysia dapat lebih mudah mengirim uang lewat layanan remitansi dari CIMB Islamic Bank SpeedSend ke rekening ponsel CIMB Niaga milik keluarganya di Indonesia.

Selanjutnya, dana tersebut dapat diambil melalui ATM CIMB Niaga maupun tanpa ATM di berbagai jaringan ritel yang telah bekerja sama.

Implementasi uji coba tersebut dilakukan secara terbatas di beberapa titik di Malaysia serta di beberapa wilayah yang menjadi kantong TKI di Indonesia. Di wilayah tersebut, keluarga penerima remitansi dari TKI dapat mentransaksikan dananya di agen layanan keuangan digital (LKD) atau ATM.

“Melalui inisiatif ini, proses remitansi yang selama ini masih menjadi tantangan kini dapat dilakukan lebih efisien, efektif, mudah, dan terjangkau. Pasca uji coba diharapkan program ini dapat dikembangkan ke negara lain dengan mitra-mitra CIMB Niaga lainnya,” ujar Hendra.

Sebagai informasi, rekening ponsel merupakan produk CIMB Niaga yang diluncurkan sejak 2013 untuk memudahkan nasabah maupun masyarakat yang belum menjadi nasabah bank untuk melakukan transaksi perbankan hanya dengan menggunakan nomor ponsel.

Beberapa transaksi yang dapat dilakukan antara lain transfer dana gratis ke seluruh nomor ponsel di Indonesia, membeli pulsa ponsel prabayar, pembayaran tagihan, tarik tunai tanpa menggunakan kartu ATM, serta penerimaan dana bagi keluarga TKI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper