Peringkat Naik, Sri Mulyani Akan Terus Manfaatkan untuk Perbaikan Ekonomi

Fitch Ratings telah meningkatkan peringkat utang jangka panjang Indonesia dalam mata uang asing dan lokal dari BBB- menjadi BBB, dengan outlook stabil.
Irene Agustine | 21 Desember 2017 13:25 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan keynote speech dalam acara Investor Gathering 2017 di Jakarta, Senin (18/12). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Kabar24.com, JAKARTA — Fitch Ratings telah meningkatkan peringkat utang jangka panjang Indonesia dalam mata uang asing dan lokal dari BBB- menjadi BBB, dengan outlook stabil.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menilai naiknya peringkat tersebut salah satunya disebabkan oleh pengelolaan keuangan negara yang lebih baik, terutama Anggaran Pendapatan Belanja Negara (ABPN).

"Ini adalah salah satu, tentu saja konfirmasi mengenai pengelolaan dari keuangan negara terutama APBN kita yang cukup baik dan perekonomian secara keseluruhan," katanya, saat ditemui di Istana Wakil Presiden, Kamis (21/12/2017).

Sri mengatakan assesment yang positif tersebut akan digunakan pemerintah untuk terus fokus pada perbaikan kinerja perekonomian.

"Menjadi suatu momentum yang akan terus kami gunakan untuk bagaimana meningkatkan kinerja perekonomian Indonesia, baik dari sisi pertumbuhan, penciptaan kesempatan kerja, pengurangan kemiskinan dan kesenjangan," jelasnya.

Dia melanjutkan, "Kami akan menggunakan APBN yang sehat tentu saja untuk sebesar-besarnya prioritas pembangunan nasional."

Sri mengaku senang dengan peningkatan rating tersebut dan akan terus berupaya menjaga kepercayaan itu dan meningkatkan menjadi lebih baik.

"Jadi kita senang dengan upgrade ini dan harusnya lebih baik lagi akan kita usahakan,"  ujarnya.

Tag : peringkat utang, sri mulyani
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top