Ini Tahapan Investasi Strategis MUFG untuk Bank Danamon

Entitas bank komersial milik Mitsubishi UFJ Financial Group, Inc., The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, Ltd. (MUFG) mengumumkan kesepakatan perjanjian-perjanjian jual beli saham bersyarat dengan Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd. dan entitas-entitas terafiliasi lainnya.
Krizia Putri Kinanti | 27 Desember 2017 02:07 WIB
Karyawan melayani nasabah di Kantor Cabang Bank Danamon, Jakarta, Jumat (28/4). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – Entitas bank komersial milik Mitsubishi UFJ Financial Group, Inc., The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, Ltd. (MUFG) mengumumkan kesepakatan perjanjian-perjanjian jual beli saham bersyarat dengan Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd. dan entitas-entitas terafiliasi lainnya.

Kesepakatan untuk mengakuisisi kepemilikan saham di PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. itu bergantung pada persetujuan-persetujuan yang diperlukan berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Takayoshi Futae, Chief Executive Officer (CEO) MUFG untuk wilayah Asia & Oceania mengatakan, sebagai salah satu bank terdepan, pihaknya telah lama menyadari peran Indonesia sebagai salah satu pendorong utama perkembangan di wilayah Asia & Oceania dan telah berusaha untuk membangun keberadaan yang lebih kuat di Indonesia.

“Danamon merupakan suatu institusi yang dihormati di sektor perbankan lokal, dikenal dengan tim manajemennya yang berpengalaman dan kompeten, platform bisnis yang sehat dan waralaba yang menguntungkan, dan akan memberikan tambahan yang sangat disambut dan strategis bagi grup MUFG pada saat kami terus melanjutkan strategi regional kami,” katanya melalui siaran resmi yang diterima Bisnis, Selasa (26/12).

Investasi strategis MUFG akan dilaksanakan melalui tiga tahap dan penyelesaian Transaksi Yang Dikehendaki tersebut akan mengakibatkan MUFG menjadi pemegang saham terbesar di Danamon.

Hal tersebut juga akan mendorong strategi pertumbuhan MUFG di Asia & Oceania dan memberikan kontribusi terhadap perkembangan sektor perbankan Indonesia.

  • Tahap 1, MUFG akan membeli 19,9% saham di Danamon, dengan harga Rp8323 (US$0,61) per saham dan dengan jumlah investasi sebesar Rp15,875 triliun (US$1,171 miliar). Harga tersebut adalah berdasarkan 3Q17 P/B dengan nilai 2,0x dengan pemberlakuan beberapa penyesuaian tertentu. AFI akan tetap menjadi pemegang saham mayoritas Danamon pada saat penyelesaian Tahap 1, yang diharapkan akan terjadi dalam beberapa hari kerja.
  • Tahap 2,MUFG berencana mendapatkan persetujuan-persetujuan yang diperlukan berdasarkan peraturan perundang-undangan beserta persetujuan terkait lainnya untuk membeli tambahan 20,1% saham untuk meningkatkan kepemilikan sahamnya di Danamon menjadi 40%. Tahap ini diharapkan akan diselesaikan antara triwulan ke-2 – triwulan ke-3 2018, dengan bergantung pada didapatnya persetujuan-persetujuan tersebut.
  • Tahap 3: Setelah diselesaikannya Tahap 2, MUFG berencana mendapatkan persetujuan-persetujuan yang diperlukan untuk meningkatkan kepemilikannya di Danamon di atas 40%, dan hal ini akan memberikan kesempatan bagi pemegang saham Danamon lainnya baik untuk tetap menjadi pemegang saham atau mendapatkan uang tunai dari MUFG. Dengan diselesaikannya Tahap 3, kepemilikan final MUFG di Danamon diharapkan menjadi lebih besar dari 73,8%.
Tag : bank danamon
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top