POLEMIK PENENGGELAMAN KAPAL: Menkeu Siap Kelola Aset Kapal Pencuri Ikan

Bisnis.com, JAKARTA Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan saat ini masih akan melihat strategi dari Menteri Kelautan dan Perikanan serta intruksi Presiden Joko Widodo terkait polemik penenggelaman kapal pencurian ikan.
Ipak Ayu H Nurcaya | 11 Januari 2018 17:52 WIB
Penenggelaman Kapal Pencari Ikan Anggota polisi dan nelayan menenggelamkan kapal ikan hasil sitaan di perairan Tanjung Benoa, Bali, Minggu (19/2/2017). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan saat ini masih akan melihat strategi dari Menteri Kelautan dan Perikanan serta intruksi Presiden Joko Widodo terkait polemik penenggelaman kapal pencurian ikan.

Menurutnya, jika suatu barang diambil alih oleh suatu negara melalui proses hukum yang benar dapat menjadi aset negara yang dapat dimanfaatkan. Sri Mulyani pun memastikan akan siap sepenuhnya terlibat membantu dalam penanganan dan pemanfaatan asetnya.

"Kalau Ibu Susi konsennya kan menjaga sumber daya yang kita miliki sedangkan Presiden bagaimana menjaga kegiatan ekonomi termasuk industri perikanan dan pariwisata agar tidak terganggu. Kedua ini sebenarnya dapat dijembatani dengan pengawasan dan tata kelola yang baik," katanya, Kamis (11/1/2018).

Namun, lanjut Sri Mulyani, meski sudah ada Lembaga Manajemen Aset Negara atau LMAN tetapi untuk masuk menjadi bagian aset yang dikelola harus melalui prosedur hukum yang berlaku. Sehingga jika hanya melalui pengambilan paksa tidak akan bisa serta merta diikutsertakan dalam aset LMAN.

Tag : penenggelaman kapal
Editor : Achmad Aris

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top