Pendapatan Generasi Milenial Tidak Lebih Baik Dibanding Generasi Sebelumnya

Dilansir Bloomberg, dalam sebuah analisis terhadap delapan negara berpenghasilan tinggi, yayasan Resolution Foundation menemukan bahwa generasi milenial di usia awal 30-an memiliki pendapatan yang rata-rata 4% lebih rendah daripada generasi X pada usia yang sama.
Aprianto Cahyo Nugroho | 19 Februari 2018 20:45 WIB
Generasi milenial China. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Lonjakan pendapatan yang dinikmati orang-orang yang lahir antara tahun 1966 dan 1980 tak dirasakan generasi setelahnya yang justru mengalami tren penurunan.

Dilansir Bloomberg, dalam sebuah analisis terhadap delapan negara berpenghasilan tinggi, yayasan Resolution Foundation menemukan bahwa generasi milenial di usia awal 30-an memiliki pendapatan yang rata-rata 4% lebih rendah daripada generasi X pada usia yang sama.

Tren ini jelas terlihat di Inggris dan Spanyol. Di Inggris, pendapatan Generasi X 54% lebih baik daripada baby boomer yang lahir antara tahun 1946 dan 1965. Sebaliknya, kaum milenial yang lahir antara tahun 1980 dan 2000, memiliki pendapatan hanya 6% lebih tinggi daripada Generasi X saat usia yang sama.

Inggris juga terkenal karena turunnya tingkat kepemilikan rumah. Untuk generasi milenial di akhir usia 20-an, angka kepemilikan rumah hanya mencapai 33%, jauh lebih rendan dari baby boomer di usia yang sama yang mencapai 60%. Penurunan yang lebih kecil ditemukan di Australia dan AS.

"Bukan rahasia lagi bahwa krisis keuangan melanda sebagian besar negara maju, sehingga menahan kenaikan pendapatan generasi milenial di negara-negara di seluruh dunia," ungkap Daniel Tomlinson, analis kebijakan di Resolution Foundation, seperti dikutip Bloomberg.

"Spanyol mengikuti jejak Inggris, ada siklus tren kenaikan dan penurunan di mana perbedaan pendapatan yang signifikan antar generasi pada generasi yang lebih tua telah terhenti bagi generasi muda," lanjutnya.

Setelah disesuaikan dengan laju inflasi, pendapatan generasi milenial di Inggris turun sebesar 13% dibanding generasi sebelumnya. Angka ini hanya lebih rendah dari Yunani.

Melihat negara-negara lain, Resolution Foundation mengatakan AS dan Jerman juga mencatat kenaikan pendapatan antar generasi yang lebih kecil. Pendapatan warga AS yang mendekati usia 50 tidak lebih tinggi bagi mereka yang lahir di akhir 1960an daripada mereka yang lahir pada tahun 1920an.

Namun, Norwegia dan Denmark telah membuat kemajuan yang lebih baik. Angka kenaikan pendapatan antar generasi lebih tinggi di Denmark meskipun negara tersebut mengalami resesi yang sama buruknya dengan Inggris saat krisis keuangan.

Tag : generasi milenial
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top