Jokowi Belum Tentukan Calon Gubernur BI

Presiden Joko Widodo mengaku masih belum menentukan nama pengganti Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo yang akan memasuki akhir masa jabatan pada Mei mendatang.
David Eka Issetiabudi | 21 Februari 2018 21:26 WIB
Gubernur BI Agus Martowardojo - Reuters/Supri

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengaku belum menentukan nama pengganti Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo yang akan memasuki akhir masa jabatan pada Mei mendatang.

Awal Februari lalu, empat nama calon penguasa bank sentral dihebuskan dari Kantor Wakil Presiden. Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi menyebut empat nama tersebut, yaitu Bambang Brodjonegoro, M. Chatib Basri, Perry Waljiyo dan Agus Martowardojo.

Jokowi mengatakan belum memutuskan siapa gubernur Bank Indonesia selanjutnya. “Iya sudah di meja, tapi belum,” katanya di Asrama Haji Pondok Gede, Rabu (21/2/18).

Presiden memiliki waktu hingga 23 Februari untuk mengajukan calon pengganti kepada DPR RI, untuk selanjutnya dilakukan uji kelayakan.

Anggota Komisi VI DPR RI Maruarar Sirait enggan menyebut nama siapa yang berpeluang menunggangi mobil dengan pelat RI 13. Menurutnya, Presiden Jokowi tentunya sudah memiliki pertimbangan siapa yang paling layak menjadi kepala bank sentral tersebut.

“Memang dalam konteks makro prudential, bagaimana figur ini dapat membuat kebijakan yang resiprokal dengan negara lain. Jadi sosok dengan nasionalisme yang kuat, tapi juga memiliki pengetahuan global yang memadai,” kata Sirait.

Tag : bank indonesia
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top