Jasindo Penanggung Tunggal Proyek Tol Becakayu

PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) menjadi penanggung tunggal proyek tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) dengan nilai pertanggungan Rp4,2 triliun.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 22 Februari 2018  |  06:39 WIB
Jasindo Penanggung Tunggal Proyek Tol Becakayu
Pekerja beraktivitas didekat proyek pascarobohnya bekisting pier head pada proyek konstruksi pembangunan jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) di Jalan D I Panjaitan, Jakarta, Selasa (20/2/2018). - ANTARA/Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA - PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) menjadi penanggung tunggal proyek tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) dengan nilai pertanggungan Rp4,2 triliun.

Direktur Teknik dan Luar Negeri Jasindo Ricky Tri Wahyudi mengatakan, proyek tol Becakayu dijamin oleh polis CAR (Construction All Risks). Jaminan pertanggungan mencakup kerusakan material akibat bencana alam dan lain lain, serta kerugian pihak ketiga yang timbul akibat pekerjaan proyek tersebut.

Dia menyampaikan, saat ini perseroan tengah melakukan investigasi tahap awal penyebab kecelakaan. "Nilai klaim masih belum. Karena masih melakukan kajian awal. Nilainya tentu sejalan dengan jumlah yang tertanggung," katanya kepada Bisnis, Rabu (21/2).

Dia mengatakan, perseroan banyak mengcover proyek infrastruktur milik PUPR. Selain tol Becakayu, Jasindo juga menjadi leader dalam skema ko-asuransi proyek LRT Cibubur-Bekasi-Dukuh Atas dengan nilai pertanggungan Rp10 triliun.

Dalam proyek tersebut, Jasindo mendapat porsi sekitar 45%-50%. Selain itu, Jasindo juga menjadi penanggung utama dalam beberapa proyek tol lintas Sumatera.

Dia memastikan, rentetan kecelakaan proyek infrastruktur belakangan ini tidak signifikan meningkatkan klaim asuransi rekayasa. "Dengan beberapa kejadian ini tidak terlalu berpengaruh, karena kami sudah mencadangkan dari sisi klaim dan penyebaran risiko," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
asuransi

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top