Orang yang Berpartisipasi di Komunitas Punya Keuangan Lebih Baik

Sebuah penelitian baru menunjukkan orang yang berpartisipasi dalam komunitas akan lebih baik secara keuangan.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 24 Februari 2018  |  07:16 WIB
Orang yang Berpartisipasi di Komunitas Punya Keuangan Lebih Baik
Relawan duduk di depan pesawat Hercules yang akan diberangkatkan untuk mengirim bantuan kemanusiaan Rohingya di Base Ops TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (13/9). - ANTARA/Rosa Panggabean

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah penelitian baru menunjukkan orang yang berpartisipasi dalam komunitas akan lebih baik secara keuangan.

Hal tersebut merupakan kesimpulan dari Survei MassMutual terhadap 10.000 orang Amerika, seperti dikutip dari Forbes. Survei menemukan bahwa orang saling membantu dalam kelompok masyarakat seperti keluarga, teman, lingkungan sekolah, organisasi kerja, keagamaan, maupun relawan. Survei tersebut menunjukkan sekitar 53% responden telah membantu seseorang yang berjuang secara finansial.

Penelitian itu juga menghasilkan temuan mengejutkanm generasi milenium yang ditandai sebagai generasi egois, justru terlibat lebih banyak dalam komunitas dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Generasi milenium cenderung berpartisipasi dalam kehidupan nyata maupun dunia maya.

Assistan Vice Presidents Communication MassMutual Paula Tremblay menyampaikan, survei tersebut menunjukkan bahwa mereka yang memiliki interaksi positif secara sosial cenderung memiliki kebiasaan finansial yang baik.

"Mereka benar-benar menggunakan waktu dan sumber daya untuk membantu komunitas mereka. Mereka juga perhatian terhadap pondasi keuangan mereka sendiri," katanya.

Meskipun 17% responden mengakui tidak memiliki hambatan untuk terlibat dalam komunitas mereka. Namun, sejumlah faktor membuat mereka tidak berinteraksi dalam komunitas diantaranya waktu (42%), uang (35%), perbedaan gaya hidup (31%), perasaan tidak cocok(28%), perbedaan budaya (24%), lokasi geografis (22%).

"Bergabung dengan sebuah komunitas tidak secara otomatis membuat Anda mendapatkan lebih banyak lagi. Namun, ini dapat membantu Anda mengembangkan kebiasaan baru dan membuat Anda berhubungan dengan orang-orang yang mungkin membantu Anda mencapai tujuan keuangan Anda," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
finansial

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top