Nilai Pertanggungan Asuransi Pengangkutan Daging Kerbau Asal India Rp939 Miliar

Proses tender asuransi pengangkutan daging kerbau beku asal India oleh Perum Bulog kini dalam tahap klarifikasi. Ada tujuh perusahaan asuransi umum yang ikut serta dalam tender tersebut.
Azizah Nur Alfi | 08 Maret 2018 06:48 WIB
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Proses tender asuransi pengangkutan daging kerbau beku asal India oleh Perum Bulog kini dalam tahap klarifikasi. Ada tujuh perusahaan asuransi umum yang ikut serta dalam tender tersebut.

Sekretaris Perum Bulog Siti Kuwati menyampaikan, ada tujuh perusahaan asuransi umum yang masuk dalam tender asuransi pengangkutan daging kerbau beku asal India. Meski demikian, dia tidak dapat menyebutkan nama perusahaan asuransi umum yang ikut serta daam tender.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan nilai pertanggungan dari kontrak tahap awal tersebut sebesar Rp939 miliar. Nilai tersebut mencakup kontrak pemasukan daging kerbau asal India sebanyak 20.000 ton.

Jaminan perlindungan yang diberikan berupa jaminan asuransi pengangkutan untuk komoditi dalam kontainer berpendingin. Asuransi pengangkutan yang diberikan mencakup jaminan perlindungan pengangkutan sejak dari pelabuhan negara eksportir sampai ke gudang Bulog.

"Saat ini rapat penjelasan pekerjaan dan hal-hal lain teknisnya," katanya, Rabu (7/3/2018).

Dalam pemasukan daging kerbau asal India, Bulog menerapkan skema Cost and Freight (CFR). Melalui skema tersebut, Bulog dapat melibatkan perusahaan asuransi nasional dalam proses pengapalannya. Skema serupa juga digunakan dalam pemasukan beras asal Thailand, Vietnam, Pakistan, dan India, beberapa waktu lalu.

Tag : asuransi umum
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top