Investasi di Pasar Modal Tidak Rumit, Generasi Millenial Harus Memulainya

Sebenarnya di era digital sekarang, investasi bisa dimulai dengan uang Rp100.000.
M. Taufikul Basari | 12 Maret 2018 05:56 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- Apakah kamu termasuk generasi millennial? yang lebih mengedepankan pengalaman yang didapat saat mengonsumsi barang atau jasa.

Pengalaman tersebut tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Mungkin untuk beberapa millennial, buying power-nya tidak bisa selalu menikmati pengalaman tersebut.  

Solusinya, bisa dengan menunda konsumsi sekarang untuk dinikmati kemudian hari. Caranya dengan berinvestasi di pasar modal. Kamu bisa mengambil keuntungan di pasar modal dari selisih harga jual dan harga beli.

Helmi Rafif, co-founder Investhink Indonesia, mengatakan bahwa sebagian orang masih beranggapan investasi di pasar modal perlu dana besar, transaksi harus menelepon broker, berisiko tinggi dan rumit.

Sebenarnya di era digital sekarang, investasi bisa dimulai dengan uang Rp100.000.

Caranya pun telah dibuat simpel lewat aplikasi di ponsel cerdas, layaknya mentransfer dana via mobile banking.

Sebelum memulai investasi ada baiknya kita mempelajari terlebih dahulu jenis-jenis dan karakteristik instrumen investasi yang akan kita gunakan, apakah itu saham, reksa dana, obligasi atau deposito.

Perihal investasi itu beresiko tinggi, ada kutipan dari orang kaya ke-3 dunia Warren Buffet yaitu: Risk is knowing nothing what you are doing. “Kutipan tersebut bisa diartikan bahwa apabila kita mempelajari tentang investasi di pasar modal maka risiko yang dihadapi bisa kita kurangi,” kata Rafif dalam rilisnya, Minggu (11/03/2018).

Mempelajari tentang investasi bisa lewat seminar. Rafif menyebut bahwa Investhink Indonesia menggandeng PT BNI Asset Management dan Ikatan Mahasiswa Elektro UI akan menggelar seminar bertema “Investasi Saham dan Reksa dana Untuk Generasi Millenials” “Investhink goes to campus” di Auditorium Gedung Mochtar Riady Plaza Quantum (MRPQ) Fakultas Teknik Universitas Indonesia pada Kamis, 22 Maret 2018 pukul 12.30-16.00 WIB.

“Dengan berinvestasi di Reksa Dana Makara Investasi teman-teman mahasiswa UI dan seluruh civitas akademika dapat memulai belajar untuk berinvestasi, mulai dari Rp100.000,” kata Harriny Yulianty, Head of Corporate Communication Division BNI Asset Management.

Malik Adhi, co-founder Investhink Indonesia lainnya, mengatakan pihaknya ingin memperkenalkan kepada generasi millennial untuk mulai melek berinvestasi di usia muda. “Bahwa investasi bukan merupakan hal yang rumit dan mahal, tetapi investasi dapat dimulai dengan mudah, murah dan menyenangkan.”

Tag : IHSG, investasi
Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top