Presiden Jokowi: Ibu-Ibu Jangan Sampai Terjerat Rentenir

Presiden Joko Widodo mengajak ibu-ibu yang telah menjadi nasabah bank wakaf mikro di Pondok Pesantren An Nawawi Tanara, Serang, Banten untuk menjauhi rentenir.
Yodie Hardiyan | 14 Maret 2018 11:18 WIB
Presiden Joko Widodo dalam satu acara di Gor Tri Dharma, Gresik, Jawa Timur, Kamis (8/3/2018). - ANTARA/Zabur Karuru

Bisnis.com, SERANG — Presiden Joko Widodo mengajak ibu-ibu yang telah menjadi nasabah bank wakaf mikro di Pondok Pesantren An Nawawi Tanara, Serang, Banten untuk menjauhi rentenir.

Sebagai gantinya, Jokowi mengajak ibu-ibu untuk memanfaatkan bank wakaf mikro dengan biaya administrasi yang lebih rendah daripada rentenir dengan bunga tinggi.

"Saya titip jangan sampai ibu-ibu terjerat rentenir," kata Presiden dalam dialog dengan para ibu di Pondok Pesantren An Nawawi Tanara, Serang, Banten, Rabu (14/3/2018).

Jokowi mengatakan renternir bisa mematok bunga pinjaman hingga 30%-40% per tahun sedangkan pinjaman dari bank wakaf mikro tidak menetapkan bunga namun hanya biaya administrasi 3% per tahun

Sejumlah ibu di lingkungan pondok pesantren itu mendapatkan pinjaman senilai Rp1 juta per orang dari bank wakaf mikro tersebut.

Pinjaman itu digunakan oleh nasabah sebagai modal usaha. Dalam dialog dengan Presiden, sejumlah ibu menyatakan pinjaman itu digunakan untuk modal usaha berdagang sembilan bahan pokok hingga makanan gorengan.

Presiden berdialog dengan warga dalam rangkaian acara peluncuran bank wakaf mikro di Pesantren An Nawawi Tanara.

Jokowi berharap usaha para warga dapat kian berkembang berkat pinjaman dari bank wakaf mikro tersebut.

Tag : jokowi
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top