Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRI Implementasikan Program Padat Karya Tunai di Klaten

Pemerintah pada awal 2018 telah mencanangkan program Padat Karya Tunnai (PKT) yang secara bertahap akan dilaksanakan di seluruh desa di Indonesia, dalam rangka pembangunan ekonomi kerakyatan.
Nasabah bertransaksi melalui mesin ATM di galeri e-banking Bank BRI, di Jakarta, Selasa (12/9)./JIBI-Dwi Prasetya
Nasabah bertransaksi melalui mesin ATM di galeri e-banking Bank BRI, di Jakarta, Selasa (12/9)./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah pada awal 2018 telah mencanangkan program Padat Karya Tunnai (PKT) yang secara bertahap akan dilaksanakan di seluruh desa di Indonesia, dalam rangka pembangunan ekonomi kerakyatan.

Program Padat Karya Tunai atau cash for work merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memajukan perekonomian, mempercepat pembangun, mempersempit ruang kemiskinan, dan memperkuat ekonomi kerakyatan yang ada di desa.

Dalam upaya tersebut Presiden Joko Widodo menegaskan kepada seluruh instansi setingkat Kementerian / Lembaga Negara, pemerintah provinsi dan kabupaten, untuk segera mengimplementasikan program Padat Karya Tunai di seluruh desa di Indonesia.

Salah satu langkah nyata kontribusi Bank BRI dalam program PKT, BRI tengah melaksanakan CSR BRI Peduli Lingkungan berupa pemadatan jalan dan normalisasi saluran irigasi yang dilaksanakan di Dukuh Pilangsari, Desa Gondang, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (24/3/2018).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Menteri BUMN Rini M. Soemarno, Direktur Bank BRI Corporate Banking Kuswiyoto, Pemimpin Kantor Wilayah Bank BRI Yogyakarta Hari Siaga Amijarso, dan Bupati Klaten Sri Mulyani.

"CSR BRI Peduli kali ini difokuskan untuk mengimplementasikan program Padat Karya Tunai tengah dicanangkan pemerintah," kata Corporate Secretary BRI Bambang Tribaroto, seperti keterangan resmi yang diterima Bisnis, Sabtu (24/3).

Bank BRI memokuskan pemadatan jalan dan normalisasi saluran irigasi untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Desa Gondang, yang nantinya mampu meningkat skala ekonomi kerakyatan di Desa Gondang, Klaten.

Adapun pemadatan jalan yang akan dilaksanakan di Desa yang berpenduduk 850 kepala keluarga atau 3.500 jiwa tersebut adalah sepanjang 275 meter.

Pemadatan jalan difokuskan untuk memperbaiki infrastruktur dan akses desa yang pada ujungnya meningkatkan taraf ekonomi desa melalui arus barang dan jasa yang masuk ke desa.

BRI juga memberikan bantuan normalisasi aliran irigasi dan pembuatan talud aliran irigasi sepanjang 250 meter yang mengairi persawahan yang terdapat di Desa Gondang. Bambang mengungkapkan, normalisasi ini nantinya akan mendorong produktivitas pertanian di desa Gondang.

Pada kesempatan yang sama, Bank BRI juga menyalurkan CSR BRI Peduli Pendidikan kepada SD II Gondang berupa pengecatan seluruh ruang kelas, pemberian tabungan pendidikan kepada 10 siswa masing senilai Rp500.000, 1 unit laptop, dan 1 unit projector kepada pihak sekolah yang nantinya difungsikan untuk mempermudah proses belajar mengajar.

Sekadar tambahan informasi, dalam program PKT ini, terdapat lima pilar implementasi program yang menjadi fokus pemerintah dalam pengembangan ekonomi desa. Pertama ditujukan bagi masyarakat desa yang kurang mampu.

Kedua untuk meningkatkan pendapatan warga desa. Ketiga penyediaan lapangan kerja sementara. Keempat pembagian upah yang transparan antara pemangku kepentingan desa dan warga desa secara musyawarah mufakat. Dan Kelima pembangunan sarana dan prasarana desa yang berbasis pemberdayaan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper