Proyek Strategis Nasional Harus Libatkan Pengusaha Lokal

Presiden Joko Widodo meminta implementasi proyek strategis nasional (PSN) untuk tidak menggantungkan APBN, tetapi juga keterlibatan swasta di daerah.
Amanda Kusumawardhani | 16 April 2018 16:08 WIB
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla (kedua kanan) menyampaikan pemaparan pendahuluan saat Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (9/4/2018). - ANTARA/Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo meminta implementasi proyek strategis nasional (PSN) untuk tidak menggantungkan APBN, tetapi juga keterlibatan swasta di daerah.

Hal itu diungkapkan dalam sambutannya pada rapat terbatas terkait evaluasi PSN di Kantor Kepresidenan, Senin (16/4/2018).

"Saya ingin tekankan lagi mengenai pembiayaan PSN yang tidak mungkin hanya mengandalkan APBN saja. Untuk itu perlu dilakukan model-model pembiayaan alternatif pembiayaan yang kreatif yang menarik minat investor untuk ikut membiayai PSN," katanya.

Dalam pelaksanaannya, dia juga meminta pembangunan proyek tidak hanya dilakukan oleh BUMN atau anak perusahaan, tetapi juga melibatkan pengusaha daerah.

Selain itu, Presiden mengamanatkan PSN harus terintegrasi dengan pengembangan sektor unggulan daerah sehingga berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.

"Misalnya tol laut harus pastikan program ini benar dan bisa menurunkan biaya logistik sehingga berdampak pada turunnya harga harga bahan bahan pokok yang diperlukan rakyat, terutama di daerah-daerah kepulauan," tambahnya.

Tag : Proyek Strategis
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top