Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laporan Dana Desa per 16 April 2018, Desa Baru Ditransfer Rp2,1 Triliun

Bisnis.com, JAKARTA Kementerian Keuangan mengklaim penyaluran transfer untuk program dana desa hingga 16 April 2018 telah mencapai Rp12,23 triliun atau 20,4% dari pagu sebesar Rp60 triliun. Sayangnya, dari jumlah realisasi penyaluran dana desa ke RKUD tersebut, penyaluran dari RKUD ke RKD baru mencapai Rp2,1 triliun, untuk 140 Daerah dan 12.343 Desa.
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo. /Kemendes
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo. /Kemendes

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Keuangan mengklaim penyaluran transfer untuk program dana desa hingga 16 April 2018 telah mencapai Rp12,23 triliun atau 20,4% dari pagu sebesar Rp60 triliun. Sayangnya, dari jumlah realisasi penyaluran dana desa ke RKUD tersebut, penyaluran dari RKUD ke RKD baru mencapai Rp2,1 triliun, untuk 140 Daerah dan 12.343 Desa.

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Menteri Keuangan Budiarso Teguh Widodo mengatakan, masih rendahnya realisasi penyaluran Dana Desa dari RKUD ke RKD tersebut disebabkan antara lain desa yang terlambat menetapkan APBDes-nya sebagai persyaratan Penyaluran Dana Desa Tahap I dari RKUD ke RKD.

"Padahal terkait hal itu kami sudah lakukan beberapa hal di antaranya yaitu dengan melaksanakan workshop tata cara penghitungan dan pengalokasian dana desa per desa dengan mengundang seluruh 434 daerah penerima dana desa," katanya kepada Bisnis, Selasa (17/4/2018).

Tak hanya itu, pemerintah juga terus menyampaikan surat kepada seluruh bupati mengenai langkah-langkah percepatan penyaluran dana desa yang sudah dapat cair mulai Januari 2018.

Kemenkeu pun meminta pejabat Desa melakukan koordinasi dengan Kemendagri untuk menyampaikan surat kepada gubernur dan bupati/walikota dalam rangka percepatan penyaluran dana desa.

Sementara itu, untuk realisasi dana desa dari RKUN ke RKUD Tahap I tercatat Rp10,73 triliun atau 90,7% dari pagu tahap I sebesar Rp12 triliun. Dana ini telah ditransfer kepada 394 daerah yang mencakup 66.596 desa.

Adapun realisasi dana desa dari RKUN ke RKUD tahap II sebesar Rp1,5T atau 6,25% dari pagu tahap II sebesar Rp24 triliun. Dana ini telah diterima 35 daerah yang mencakup 4.585 desa.

Di sisi lain, dalam rangka percepatan ini, pemerintah juga melakukan relaksasi peraturan khusus pada tahap pertama. Relaksasi itu dalam bentuk menghapuskan kewajiban pemenuhan 30% anggaran untuk kegiatan padat karya atau hari orang kerja (HOK).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Achmad Aris

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper