MORGAN STANLEY: Digitalisasi Jadi Motor Pertumbuhan PDB Indonesia 2027

Digitalisasi akan menjadi kunci utama yang mendorong potensi pertumbuhan PDB Indonesia mencapai US$2,7 triliun pada 2027 dengan kapitalisasi pasar hingga US$1,5 triliun.
Hadijah Alaydrus | 17 April 2018 21:24 WIB
Deretan gedung perkantoran dan apartemen terlihat di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (6/4). - Antara/M Agung Rajasa
Bisnis.com, JAKARTA--Digitalisasi akan menjadi kunci utama yang mendorong potensi pertumbuhan PDB Indonesia mencapai US$2,7 triliun pada 2027 dengan kapitalisasi pasar hingga US$1,5 triliun.
 
Analis Morgan Stanley Sean Gardiner mengatakan hal ini dipicu oleh kegiatan e-commerce yang berkontribusi sekitar 19% dari aktivitas retail pada 2027. Pada tahun tersebut, pengunaan uang elektronik di Indonesia akan meningkat 24% dari sekitar 2% pada 2017. 
 
"Pembangunan ekonomi digital bersamaan dengan infrastruktur dan pasar yang berskala besar akan membuat membuat Indonesia lebih relevan bagi investor asing," ungkap Sean seperti dikutip Bloomberg, Selasa (17/4).
 
Tentu saja, Morgan Stanley memandang positif kondisi ini bagi valuasi dan kepercayaan dalam pertumbuhan harapan penerimaan di Indonesia. 
 
Namun, Morgan Stanley melihat pertumbuhan e-Commerce yang marak ini akan menganggu ekonomi konvensional di Tanah Air. Menurutnya, Indonesia akan mengalami disrupsi dari Return of Equity (ROE) yang tinggi dan terganggunya ekuitas pasar ekonomi konvensional sehingga dapat menambah beban risiko penerimaan dari konsumen yang rapuh dan lambatnya pertumbuhan kredit.

 

Tag : Pertumbuhan Ekonomi
Editor : Gita Arwana Cakti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top