BRI Terima Sertifikat Elektronik untuk Otentifikasi Dokumen

Bisnis.com, JAKARTA PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menjadi bank pertama di Indonesia yang akan menggunakan sertifikat elektronik (digital signature) sebagai solusi atas kebutuhan pengesahan dokumen pembukaan rekening maupun layanan perbankan lainnya.
Ropesta Sitorus | 20 April 2018 17:57 WIB
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Suprajarto (empat dari kiri) menyerahkan cinderamata kepada Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Djoko Setiadi seusai penandatanganan MoU dan PKS terkait Peningkatan Pembangunan Ekonomi Digital dan Pemanfaatan Jasa Layanan Perbankan, Jumat (20/04). BRI menjadi bank pertama di Indonesia yang akan menggunakan sertifikat elektronik untuk pengesahan dokumen pembukaan rekening maupun layanan perbankan lainnya. (Bisnis - Istimewa)

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menjadi bank pertama di Indonesia yang akan menggunakan sertifikat elektronik (digital signature) sebagai solusi atas kebutuhan pengesahan dokumen pembukaan rekening maupun layanan perbankan lainnya. 

Hal tersebut merupakan hasil penandatanganan MoU dan PKS antara Bank BRI dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia yang diselenggarakan di Jakarta (20/4/2018). Hadir dalam acara tersebut Direktur Utama Bank BRI Suprajarto dan Kepala BSSN RI Mayjen (Purn) TNI Djoko Setiadi. 

Suprajarto menjelaskan, melalui pemanfaatan sertifikat elektronik (digital signature), Bank BRI meningkatkan keabsahan, perlindungan dan keamanan rekening nasabah. 

"Kami bersama BSSN berkomitmen untuk meningkatkan pembangunan ekonomi digital khususnya dalam dunia keuangan, dengan kerja sama ini maka seluruh nasabah Bank BRI semakin terjamin keamanan transaksinya karena aktivitas perbankan yang dilakukan khususnya pembukaan rekening melalui aplikasi digital, akan dilegitimasi menggunakan sertifikat elektronik yang diterbitkan oleh BSSN," kata Suprajarto.

Digital signature merupakan sertifikat yang bersifat elektronik yang memuat identitas yang menunjukan status subjek hukum para pihak dalam transaksi elektronik yang dikeluarkan oleh penyelenggara Sertifikat Elektronik dalam hal ini adalah BSSN. 

Sertifikat elektronik dapat digunakan sebagai subjek hukum dalam bertransaksi elektronik ataupun berkegiatan di dunia elektronik. Dengan sertifikat elektronik (digital signature) setiap orang nantinya bisa melakukan transaksi apa saja yang bersifat elektronik dan segala informasinya dapat dipertanggung jawabkan.

Suprajarto melanjutkan, lewat kerja sama tersebut, perseroan menjadi bank pertama di Indonesia yang bekerjasama dan memanfaatkan sertifikat elektronik yang diterbitkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan sebagai certification authority (CA) yaitu BSSN RI.

"Tentunya kami akan terus berinovasi utamanya terhadap teknologi termutakhir salah satunya untuk meningkatkan keamanan transaksi nasabah kami," ujar Suprajarto.

Untuk tahap awal, sertifikat elektronik ini akan diimplementasikan pada fitur pembukaan rekening Tabungan BRI Britama melalui aplikasi digital BRI Mobile yang saat ini sedang dilakukan pengembangan. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bri

Editor : Farodlilah Muqoddam

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top