Sri Mulyani: Pemerintah Terus Pantau Perkembangan Ekonomi Amerika

Pemerintah mengkalim terus memantau perkembangan ekonomi di Amerika Serikat dan arah kebijakannya, yang berpengaruh signifikan terhadap perekonomian global dan domestik.
M. Richard | 26 April 2018 13:59 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan paparan saat konferensi pers realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) triwulan pertama 2018, di Jakarta, Senin (16/4/2018). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah mengkalim terus memantau perkembangan ekonomi di Amerika Serikat dan arah kebijakannya, yang berpengaruh signifikan terhadap perekonomian global dan domestik.

"Kita akan antisipasi dalam konteks pergerakan kebijakan ini terhadap mata uang dolar AS dan kita akan lihat dalam kebijakan makro kita sendiri," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Kamis (26/4/2018).

Sri Mulyani menjelaskan dengan kebijakan ekonomi yang ekspansif oleh pemerintah Amerika, dapat dipastikan pergerakan ekonomi negara tersebut lebih kuat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Gubenur bank sentral yang baru memang menyampaikan data-data dari perekonomian Amerika menunjukan perbaikan dari sisi employment maupun inflasi, menunjukan suatu recovery," sebut Sri Mulyani.

Implikasi dari kebijakan ekonomi yang ekspansif tersebut adalah defisit anggaran Amerika diproyeksikan melebar, sehingga dapat diperkirakan juga, dalam jangka pendek The Fed akan meningkatkan suku bunganya, meski akan dilakukan secara hati-hati.

Tag : sri mulyani, ekonomi amerika serikat
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top