BTN Genjot KPR Subsidi untuk Pekerja Sektor Informal

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus menggenjot penyaluran kredit pemilikan rumah subsidi dengan menyasar para pekerja sektor informal di Tanah Air.
Puput Ady Sukarno | 15 Mei 2018 21:34 WIB
Ilustrasi - uangteman.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus menggenjot penyaluran kredit pemilikan rumah subsidi dengan menyasar para pekerja sektor informal di Tanah Air.
 
Salah satu yang direalisasikan perseroan berkode saham BBTN tersebut yakni menjalin kerjasama dengan PT Solusi Transportasi Indonesia (Grab Indonesia), guna bersama-sama mewujudkan keinginan para mitra pengemudi GrabBike untuk dapat memiliki rumah idaman mereka.
 
"Porsi KPR Subsidi terbagi dua, ada dari segmen pekerja pendapatan tetap dan juga tidak tetap. Pendapatan tetap dibagi dua, ada pegawai negeri dan swasta, saat ini porsinya memang masih banyak dari situ. Untuk yang tidak tetap posisi saat ini sekitar 25%," tutur Direktur Utama Bank BTN Maryono usai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Grab, Selasa (15/5).
 
Pihaknya menegaskan bahwa selain terus mendorong pertumbuhan KPR subsidi dari segmen pekerja pendapatan tetap, BTN juga berkomitmen untuk menggenjot KPR dari segmen pekerja tidak tetap. "Target pertumbuhan tahun ini sekitar 13% dari posisi saat ini yang porsinya 25% itu," ujarnya.
 
Maryono menegaskan bahwa kerja sama ini merupakan salah satu sinergi Bank BTN sebagai agent of development untuk mendukung pemerintah mempercepat pencapaian program sejuta rumah bagi pekerja sektor informal yang memiliki pendapatan tidak tetap.  

Adapun dalam kerjasama ini Bank BTN akan berperan sebagai penyalur Kredit Pemilikan Rumah (KPR) subsidi bagi para mitra pengemudi GrabBike yang direkomendasikan oleh perusahaan.

“Bank BTN terus berekspansi menjangkau pembiayaan perumahan bagi sektor informal agar masyarakat bisa memiliki rumah, salah satunya dengan menggandeng mitra GrabBike, sebagai masyarakat berpenghasilan tidak tetap ini,” tuturnya.

BTN membidik para pekerja informal seperti mitra pengemudi Grab karena mayoritas dari mereka termasuk dalam kategori unbankable, sehingga sulit mengakses pembiayaan KPR.

Maryono mengapresiasi Grab atas antusiasmenya dalam memberikan akses kepada Bank BTN dan bersinergi meningkatkan kesejahteraan para mitra pengemudinya untuk mendapatkan kehidupan yang layak.

Pada acara hari ini, Selasa (15/5), sebanyak 600 mitra GrabBike yang telah lulus proses seleksi dari Grab telah membuka rekening Tabungan BTN Batara Payroll dan memulai menyisihkan dana harian dari deposit di Grab sebesar Rp48.000 untuk uang muka pembelian rumah hingga dana mencukupi. 

Tag : btn
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top