Jelang Lebaran 2018, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp50 Triliun

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. meningkatkan penyediaan uang tunai untuk mengantisipasi lonjakan permintaan selama periode Ramadan dan Lebaran 2018.
Ropesta Sitorus | 23 Mei 2018 15:40 WIB
Deretan mesin ATM Bank Mandiri - Reuters/Iqro Rinaldi

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. meningkatkan penyediaan uang tunai untuk mengantisipasi lonjakan permintaan selama periode Ramadan dan Lebaran 2018.

Senior Executive Vice President Chief Technology Officer Bank Mandiri Joseph Georgino Godong menyatakan jumlah uang tunai yang disiapkan mencapai Rp50 triliun.

Untuk pemenuhannya diambil dari kas internal sebesar 80% dan sisanya dari eksternal seperti Bank Indonesia. Dia menyatakan mayoritas atau 70% dari uang tunai tersebut akan disebarkan di jaringan ATM Bank Mandiri.

“Tahun lalu kami siapkan dana sekitar Rp40 triliun, jaddi naik sekitar 13%,” katanya di sela-sela acara penukaran uang kecil di lapangan IRTI Monas, Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Lebih lanjut, Joseph menyebutkan layanan penukaran uang akan dilakukan hingga H+7 Lebaran. Setelah itu, kantor cabang akan ditutup menjelang Lebaran, penyediaan uang akan mulai bergeser dari pusat kota ke daerah-daerah tujuan mudik.

“Sekarang kami masih kumpulkan dari setoran dan dana yang diambil dari BI, setelah H-7 nanti kami mulai masukkan ke ATM dan dijaga terus stoknya. Kalau sudah dekat hari H, fokusnya sudah tidak di kota lagi, tapi geser ke daerah-daerah dan kawasan Pantura,” paparnya.

Tag : bank mandiri
Editor : Farodlilah Muqoddam

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top