Wah, Ternyata Begini Persaingan Antarbank BUMN di Mata Menteri Rini

Badan-badan usaha milik negara diimbau untuk terus bersinergi untuk mewujudkan visi membangun Indonesia yang lebih baik dan meningkatkan daya saing secara nasional.
Ropesta Sitorus | 23 Mei 2018 22:08 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno (kanan) bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani - Bisnis.com/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA – Bank-bank BUMN diimbau untuk terus bersinergi untuk mewujudkan visi membangun Indonesia yang lebih baik dan meningkatkan daya saing secara nasional.

Hal tersebut disampaikan Menteri BUMN Rini M. Soemarno dalam acara Sharing dan Diskusi Terbuka dalam Rangka Hari Kebangkiutan Nasional bertajuk “Anak Muda Bangkit dan Berdaya Untuk Indonesia” di Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Rini bercerita bahwa sinergi antar-BUMN sudah lebih baik dibandingkan dengan kondisi awal menjadi menteri pada 2014 lalu. Salah satu yang dia angkat tentang sinergi antarbank pelat merah.

Menurut Rini, empat bank pelat merah yang ada yakni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. belum terlalu harmonis.

“Waktu itu ada empat bank, dirutnya tidak ngomong satu sama lain, jalan sendiri-sendiri. Coba saja tanya. Dulu kalau ada acara di mana, saya dengar kabar, ada acara di mana Bank Mandiri pasang umbul-umbul, ntar didengar oleh BRI terus dicabutin, dipasang [umbul-umbul] BRI,” kata Rini yang duduk sebagai panelis didampingi Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo.

Ucapannya itu disambut tawa oleh para hadirin yang mayoritas adalah generasi muda dari berbagai daerah.

Rini lantas menambah kritiknya. Menurutnya BUMN memiliki banyak aktivitas di berbagai macam bidang, tetapi masing-masing perusahaan jalan sendiri-sendiri dan saling bersaing satu sama lain.

“Kan mana bisa begitu. Ini semua punya negara, jadi harus bisa bagaiamana kerja sama memberikan yang terbaik untuk negara. Kalau berkompetisi, marilah berkompetisi yang sehat. Tapi kalau bisa kerja sama antarkita, marilah kita kerja sama untuk Indonesia yang lebih baik menjadi yang terbesar di Asia,” lanjut Rini.

Menurutnya, kerja sama antara perusahaan pelat merah, akan meningkatkan efisiensi dan daya saing. Hal itu dicontohkannya dengan sinergi antarbank pelat merah yang sudah mulai dijalankan, seperti dalam bentuk penyediaan infrastruktur ATM Link.

Sinergi itu menghemat biaya operasional sehingga bank kesempatan untuk ekspansi bisnis menjadi meningkat.

Tag : bank bumn
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top