Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mandiri Syariah dan Muhammadiyah Launching SBMPTM Online

Bank Syariah Mandiri dan Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) PP Muhammadiyah meluncurkan layanan pembayaran online kegiatan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah (SBMPTM).
Calon nasabah mencari informasi tentang aplikasi pembukaan rekening di booth Bank Syariah Mandiri (BSM) pada Islamic Book Award IBF 2017 di Jakarta, Kamis (4/5)./JIBI-Nurul Hidayat
Calon nasabah mencari informasi tentang aplikasi pembukaan rekening di booth Bank Syariah Mandiri (BSM) pada Islamic Book Award IBF 2017 di Jakarta, Kamis (4/5)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Syariah Mandiri dan Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) PP Muhammadiyah meluncurkan layanan pembayaran online kegiatan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah (SBMPTM).

Acara peluncuran yang digelar di Jakarta, Minggu (27/5/2018) dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Muhadjir Effendy, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir, Ketua Diktilitbang PP Muhamamdiyah Prof DR Lincolin Arsyad, Direktur Utama Mandiri Syariah Toni EB Subari serta beberapa Direksi Mandiri Syariah.

SBMPTM adalah Seleksi Bersama Mahasiswa Baru yang dilaksanakan oleh Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah di mana tahun ini diikuti oleh Program Studi Pendidikan Kedokteran di 12 Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia di antaranya Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya), Universitas Muhammadiyah Makasar (UNISMUH), dll.

Direktur Utama Mandiri Syariah Toni EB Subari menyatakan sistem pendaftaran dan pembayaran online SBMPTM akan memudahkan calon mahasiswa baru. Dengan pendaftaran online, biaya dan waktu lebih efisien, dan fleksibel karena adanya mekanisme lintas wilayah.

Sebelumnya seleksi masuk ke Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah dilakukan di masing-masing universitas. Dengan SBMPTM, seleksi dilakukan bersamaan dengan cara computer based test.

Dia menjelaskan seleksi tersebut sebelumnya telah dilakukan di lingkungan perguruan tinggi negeri. Calon mahasiswa cukup mendaftar melalui portal online dan melakukan pembayaran melalui Kantor Cabang Mandiri Syariah, BSM Net, ATM Bank Syariah Mandiri, ATM Jaringan Mandiri/Bersama dan ATM Jaringan Prima.

Dengan biaya pendaftaran sebesar Rp750.000, peserta mempunyai kesempatan memilih tiga program studi Pendidikan Dokter pada PTM yang berbeda dan mengikuti ujian di lokasi terdekat.

“Mandiri Syariah berperan mendukung solusi layanan keuangan pembayaran online bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar SBMPTM. Selaku mitra pembayaran, Mandiri Syariah melakukan dan memberikan yang terbaik," kata Toni lewat keterangan tertulis.

Islamic Ecosystem termasuk di dalamnya rumah sakit, pendidikan, dan turunannya seperti civitas akademis, dokter, dll, merupakan salah satu fokus bisnis Mandiri Syariah saat ini.

"Mandiri Syariah bangga bisa mendukung dan bersinergi dengan Diklitbang PP Muhammadiyah dalam menginisiasi sistem pendaftaran online SBMPTM. ‘PP Muhammadiyah memiliki banyak perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia dengan kualitas yang baik.’’

Untuk tahap awal, sistem pendaftaran online hanya untuk Fakultas Kedokteran di dua belas PTM. ‘’Kami mensupport jika nantinya SBMPTM diberlakukan untuk fakultas lainnya di 172 perguruan tinggi Muhammadiyah yang tersebar di seluruh Indonesia," kata Toni.

Sementara itu Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan PTM mempunyai peran strategis di dunia pendidikan Indonesia. Momentum ini sangat baik karena dapat memobilisasi potensi PTM.

Haedar Nashir juga menyambut baik dan memberikan penghargaan kepada Mandiri Syariah dan berharap ke depannya kerjasama akan semakin baik.

Pendaftaran SBMPTM akan dimulai tanggal 28 Mei sampai dengan 14 Juli 2018 dengan kuota sekitar 5.000 peserta dan 210 kursi untuk peserta yang lolos tahap satu. Adapun pengumuman hasil seleksi akan diumumkan tanggal 27 Juli 2018.

Toni EB Subari berharap sinergi Mandiri Syariah dengan Muhammadiyah dapat memberikan kontribusi pada pendidikan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia serta memberikan keberkahan kepada kedua belah pihak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper